Peningkatan Pemahaman Nilai Spiritual Isra Mi’raj melalui Metode Pembelajaran Interaktif bagi Anak-Anak TPQ Desa Pilang
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9247Keywords:
isra’ mi’raj, metode interaktif, nilai spiritual, pembelajaran anak, storytellingAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di TPQ Desa Pilang dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap makna dan nilai-nilai spiritual peristiwa Isra’ Mi’raj melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi storytelling, dramatisasi, penggunaan boneka tangan, media visual, serta aktivitas partisipatif lainnya. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa metode interaktif lebih efektif dibandingkan metode ceramah konvensional dalam meningkatkan fokus, keterlibatan, dan daya serap anak terhadap materi keagamaan. Anak-anak tampak lebih antusias dan mampu mengaitkan isi cerita dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari, seperti pentingnya shalat, keimanan kepada Allah SWT, serta peningkatan akhlak dan kedisiplinan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pembelajaran agama Islam dapat dikemas secara menarik, kreatif, dan sesuai dengan karakteristik psikologis anak. Pendekatan interaktif dinilai strategis untuk menanamkan nilai-nilai spiritual Islam sejak usia dini dan dapat diadaptasi oleh lembaga pendidikan Islam lainnya.
Downloads
References
Ajid, S. N., Kusumaningtyas, D. A., Ratih, K., & Lava, S. (2025). Strategies for Integrating Problem-Based Learning, Teaching Mo-dules, and Formative Assessments to En-hance Learning Outcomes and Critical Thinking Skills. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 218-232.
Asmarita, S. R., Islam, U., Sunan, N., & Yogy-akarta, K. (2024). Optimalisasi Teknologi Augmented Reality (Ar) Dalam Dakwah Interaktif Untuk Generasi Z Septrya Rochmawati Asmarita. 13, 201–218.
Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelaja-ran Interaktif Terhadap Motivasi.
Fahrizi, N., & Zubir, M. (2022). Historitas Dan Otentisitas Al-Qur'an (Studi Komparatif Antara Arthur Jeffery Dengan Manna'al-Qathan). QiST: Journal of Quran and Taf-seer Studies, 1(2), 183-222.
Fuadi, D., Harsono, H., Syah, M. F. J., Susilo, A., Suhaili, S., & Wahyono, B. (2025). Self-Governance: Internationalization man-agement of distinctive higher education to-wards the world class university. Indone-sian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 96-113.
Haris, A. (2015). Tafsir Tentang Peristiwa Isra’ Mi’raj. In Raj TAJDID.
Hasanah, M. N. (2018). Volume 4, No. 2, Nopember 2018 [151]. 4(2), 151–172.
Kusumaningtyas, D. A., Manyunu, M., Kur-niasari, E., Awalin, A. N., Rahmaniati, R., & Febriyanti, A. (2024). Enhancing le-arning outcomes: A study on the develop-ment of higher order thinking skills based evaluation instruments for work and energy in high school physics. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 14-31.
Mafatih, I. dkk. (2021). Penggunaan Media In-teraktif Kahoot Pada Matapelajaran Pendi-dikan Agama Islam Di Smp Negeri 6 Singosari. VICRATINA: Jurnal Pendidi-kan Islam, 6, 138–147.
Mulya, A. B., Aminyoto, M., & Hasanah, N. (2021). Pengaruh Media Edukasi BOGIMBA (Boneka dan Dongeng Gizi Seimbang) terhadap Tingkat Pengetahuan Anak tentang Gizi di TK Islam Silmi Sa-marinda. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(2), 94–100. https://doi.org/10.25026/jsk.v3i2.235
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Komunikasi, 3.
Nzuza, Z. D., & Sulaimon, J. T. (2025). Concep-tualising Inclusive Education: Insights from South African Primary School Princi-pals. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 88-99.
Parhan, M., Riezky, P., & Alifa, S. (2020). Ana-lisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki Di Era Konvergensi Media (Studi De-skriptif Pada Akun Instagram @hanan_attaki). Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 175–196. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
Purnawan, I., Widyastuti, Y., Setiyarini, S., & Probosuseno, P. (2022). The Voice of the Qur'an's Potential in Pain Management: Review Study. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 15(2), 249-262.
Purwantoro, E. (2017). Kajian Karakter Rupa Dongeng Sang Kancil Pada Media Komunikasi Visual. Widyakala Journal, 4(2), 86. https://doi.org/10.36262/widyakala.v4i2.61
Rusli, M., & Mardliyah, I. K. (2023). The Ur-gency and Revitalization of the Develop-ment of the Economic System in Indonesia Through the Management of the Scientific Approach of Fiqh Pesantren. Profetika: Jurnal Studi Islam, 24(02), 244-258.
Sulis Mutiara, A., & Saudah. (2024). Mening-katkan Perilaku Jujur Pada Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Dongeng Pinokio Si Boneka Kayu. Jambura Early Childhood Education Journal, 6, 58–74. https://doi.org/10.37411/jecej.v6i1.2320
Toha, H., & Wargadinata, W. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Mema-hami Ilmu Nahwu Pada Santri Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin. In Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (Vol. 4).
Trianziani, S. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 4(November), 274–282.
Wardhany, A. A. N. K., Dartim, D., & Larasati, M. A. (2024). Using Youtube as a Media to Recite the Quran: A Case Study at Quranic Home Learning Nusantara, Islamic Board-ing School Yogyakarta. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practic-es, 8(1), 20-32.
Yulia, R., Farida, H., Ahmad, Z. A., & Mia, N. (2024). Gaya Komunikasi Dakwah Era Di-gital: Kajian Literatur. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(1), 266–279. https://doi.org/10.55606/concept.v3i1.1081
Yunita, Y. (2021). Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw Dan Pembelajarannya.
Zafri, N. D., Opir, H., & Yahaya, A. M. (2023). Dakwah Interaktif Terhadap Golongan Be-lia Melalui Media Sosial. Journal of Fatwa Management and Research, 28(2), 54–69. https://doi.org/10.33102/jfatwa.vol28no2.528






