Pendampingan Penggunaan Microsoft Word dalam Meningkatkan Literasi Digital di MI Muhammadiyah Ceporan

Authors

  • Sinta Tri Noviana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Annisa Rodhiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eko Sudarmanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8865

Keywords:

adaptasi era digital, gerakan literasi sekolah, inovasi pendidikan, pemanfaatan teknologi digital, pembelajaran berbasis teknologi

Abstract

Pada pembelajaran abad 21 ini, teknologi semakin berkembang dengan sangat pesat. Satuan pendidikan dituntut untuk selalu mengikuti perubahan zaman. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh satuan pendidikan yaitu berliterasi digital. Penerapan literasi digital mempunyai peranan penting untuk mengasah kemampuan peserta didik. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini yaitu untuk memberikan pendampingan literasi digital di MI Muhammadiyah Ceporan melalui kegiatan pendampingan mengetik di Microsoft Word. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini yaitu MI Muhammadiyah Ceporan. Metode pendampingan ini dilakukan secara langsung dengan praktik mengetik di Microsoft Word. Subjek dalam pengabdian ini yaitu peserta didik kelas IV A dan B di MI Muhammadiyah Ceporan. Tahapan kegiatan pendampingan ini yaitu tahap pengenalan dan  evaluasi kegiatan dengan tiga kali pertemuan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan peserta didik dalam menerapkan teknologi. Pada pendampingan pertama, peserta didik berhasil memahami fitur home meliputi  font, size, bold, italic, underline, lift right, numbering dan spasi. Pada pendampingan kedua, peserta didik berhasil memahami menu insert meliputi tabel, gambar, margin, size, page color,  dan page borders. Selanjutnya pada pendampingan ketiga, diadakan post-test. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil memberikan pengalaman nyata bagi peserta didik dalam mengoperasikan Microsoft Word. Selain itu, ada peningkatan 98% peserta didik dalam penggunaan berbagai fitur di dalam Microsoft Word.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1999–2003. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6895

Ahsani, E. L., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia DEN HAAG. Elementary School, 8(2), 228–236. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1115

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2).

Arrajiv, D. A., Arifah, M., Wahyuningsih, T., Kartini, & Rahmawati, L. E. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Implementasi Literasi Digital Siswa Sma Negeri 2 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14278

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Aziz, R. M., Syam’aeni, M. A., Sya’baniyah, N., & Fatihah, I. C. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Tanjakan 3, Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 141–148. https://doi.org/10.30653/002.202051.267

D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK padaPembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Teaching Professional, 1(3), 371–378. https://doi.org/Doi.10.35458

Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193.

Kusmanto, H. (2022). Tata Kelola Program Gerakan Literasi Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Sragen. Manajemen Pendidikan, 17(1), 62–75.

Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132–139. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912

Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., Swastika, A., & Hidayat, O. T. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73.

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., Fithri, N. A., & Martati, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Putri, I. I. M., & Ningsih, E. R. (2020). Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 87–99.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Wahyudi, A. B., Pratiwi, D. R., Suyitno, D. N., Beauty, M., Purnomo, E., Madani, T. S., Rahmatika, L., Anggraini, D., Arnumasari, R. E., Arrajiv, D. A., & Lestari, W. D. (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Digital di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan dan SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Warta LPM, 25(4), 487–503. https://doi.org/10.23917/warta.v25i4.617

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Downloads

Submitted

2025-03-03

Accepted

2025-06-30

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles