Pendampingan Penggunaan Microsoft Word dalam Meningkatkan Literasi Digital di MI Muhammadiyah Ceporan
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8865Keywords:
adaptasi era digital, gerakan literasi sekolah, inovasi pendidikan, pemanfaatan teknologi digital, pembelajaran berbasis teknologiAbstract
Pada pembelajaran abad 21 ini, teknologi semakin berkembang dengan sangat pesat. Satuan pendidikan dituntut untuk selalu mengikuti perubahan zaman. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh satuan pendidikan yaitu berliterasi digital. Penerapan literasi digital mempunyai peranan penting untuk mengasah kemampuan peserta didik. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini yaitu untuk memberikan pendampingan literasi digital di MI Muhammadiyah Ceporan melalui kegiatan pendampingan mengetik di Microsoft Word. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini yaitu MI Muhammadiyah Ceporan. Metode pendampingan ini dilakukan secara langsung dengan praktik mengetik di Microsoft Word. Subjek dalam pengabdian ini yaitu peserta didik kelas IV A dan B di MI Muhammadiyah Ceporan. Tahapan kegiatan pendampingan ini yaitu tahap pengenalan dan evaluasi kegiatan dengan tiga kali pertemuan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan peserta didik dalam menerapkan teknologi. Pada pendampingan pertama, peserta didik berhasil memahami fitur home meliputi font, size, bold, italic, underline, lift right, numbering dan spasi. Pada pendampingan kedua, peserta didik berhasil memahami menu insert meliputi tabel, gambar, margin, size, page color, dan page borders. Selanjutnya pada pendampingan ketiga, diadakan post-test. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil memberikan pengalaman nyata bagi peserta didik dalam mengoperasikan Microsoft Word. Selain itu, ada peningkatan 98% peserta didik dalam penggunaan berbagai fitur di dalam Microsoft Word.
Downloads
References
Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1999–2003. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6895
Ahsani, E. L., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia DEN HAAG. Elementary School, 8(2), 228–236. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1115
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2).
Arrajiv, D. A., Arifah, M., Wahyuningsih, T., Kartini, & Rahmawati, L. E. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Implementasi Literasi Digital Siswa Sma Negeri 2 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14278
Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696
Aziz, R. M., Syam’aeni, M. A., Sya’baniyah, N., & Fatihah, I. C. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Tanjakan 3, Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 141–148. https://doi.org/10.30653/002.202051.267
D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK padaPembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Teaching Professional, 1(3), 371–378. https://doi.org/Doi.10.35458
Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193.
Kusmanto, H. (2022). Tata Kelola Program Gerakan Literasi Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Sragen. Manajemen Pendidikan, 17(1), 62–75.
Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132–139. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912
Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., Swastika, A., & Hidayat, O. T. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73.
Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., Fithri, N. A., & Martati, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958
Putri, I. I. M., & Ningsih, E. R. (2020). Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 87–99.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Wahyudi, A. B., Pratiwi, D. R., Suyitno, D. N., Beauty, M., Purnomo, E., Madani, T. S., Rahmatika, L., Anggraini, D., Arnumasari, R. E., Arrajiv, D. A., & Lestari, W. D. (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Digital di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan dan SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Warta LPM, 25(4), 487–503. https://doi.org/10.23917/warta.v25i4.617
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449






