Go Digital dan GATI: Strategi Inovatif untuk Pemberdayaan UMKM dan Pencegahan Stunting di Desa Trosemi

Authors

  • Ryan Rizki Adhisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Helen Sapni Mahena Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palembang
    Indonesia
  • Atikah Pradika Putri Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
    Indonesia
  • Bashirul Ali Fakultas Sains, Teknologi, dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan
    Indonesia
  • Farhatu Anisa Setiawan Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia
  • Febiola Anggita Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Irna Nuraeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
    Indonesia
  • Ivan Bahtiar Al Fahri Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
    Indonesia
  • Manna Andini Fakultas Ilmu Kesehatan, Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang
    Indonesia
  • Sahda Salsabila Rosjadi Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surabaya
    Indonesia
  • Arif Setiawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8755

Keywords:

digitalisasi UMKM, e-commerce, gadon hati, literasi digital, pemberdayaan desa

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAs) di Desa Trosemi bertujuan untuk mengatasi dua permasalahan utama, yaitu rendahnya adopsi digital oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta tingginya angka stunting pada anak-anak. Program ini terdiri dari dua kegiatan utama: Go Digital, yang berfokus pada pelatihan digitalisasi UMKM melalui pembuatan website, penggunaan e-commerce, dan manajemen bisnis berbasis digital, serta GATI (Gadon Hati sebagai Pemberian Makanan Tambahan), yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran gizi dan mencegah stunting melalui edukasi dan demonstrasi masak berbasis protein hewani. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sejumlah pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan mulai menerapkan strategi pemasaran digital, sementara orang tua peserta program GATI mengalami peningkatan pemahaman tentang pentingnya protein hewani dalam pencegahan stunting. Kendala utama dalam pelaksanaan adalah rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses internet bagi UMKM serta pola konsumsi yang sulit diubah dalam edukasi gizi. Solusi yang ditawarkan meliputi pendampingan bagi UMKM dan sosialisasi intensif dalam edukasi gizi. Diharapkan program ini dapat memberikan dampak berkelanjutan bagi pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kesehatan masyarakat Desa Trosemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhantoro, M. S., Anif, S., Sutopo, A., Umardhani, N. S. Z., Ulya, W., & Sopianti, H. (2025). Pelatihan Desain Digital Berbasis Canva bagi Anak Migran Indonesia di SB Kulim, Penang: Upaya Peningkatan Literasi Teknologi dan Rasa Percaya Diri. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 95-110.

Affandi, M., Mahardhani, A. J., & Nasution, I. F. (2023). Membangun Generasi Good Citizen dengan pemanfaatan Teknologi Digital di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 80-87.

Choirudin, F. M., & Rahmasari, S. N. (2021). Tingkat Cakap Tanggap Peserta Didik dalam Perangkat Google Classroom Selama Pembelajaran Daring. Jurnal ilmiah kampus mengajar, 62-69.

Dewi, A. S., Prabawa, A. H., Prayitno, H. J., Pratiwi, D. R., Lukman, L., & Syar'i, A. (2025). Kesantunan Berbahasa Dakwah Gus Baha pada Media Sosial Youtube: Kebermanfaatannya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 16-29.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Univerisitas Negeri Yogyakarta, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Haro, A., Waspodo, A. A., Lestari, F. A., & Cindy. (2020). Marketing Strategy of Local Products through Social Media in Segara Jaya Village. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.21009/jpmm.004.2.01

Hidayat, M. L., Abdurahman, S. G., Astuti, D. S., Prabawati, R., Anif, S., Hariyatmi, H., & Zannah, F. (2025). Pilot Study of Digital Competency Mapping of Indonesian Preservice Teachers: Rasch Model Analysis. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 100-116.

Husnah, H., Sakdiah, S., Anam, A. K., Husna, A., & Mardhatillah, G. (2022). Peran makanan lokal dalam penurunan stunting. Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika, 5(3), 47–53.

Ismail, K., Rohmah, M., & Putri, D. A. P. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. 7(2), 208–217. https://doi.org/10.31851/neraca.v7i2.14344

Jihad, M. N. A., Ernawati, E., Nugroho, H. A., Soesanto, E., Aisah, S., Rejeki, S., Setyawati, D., & Novitasari, N. (2022). Cegah Stunting Berbasis Teknologi, Keluarga, Dan Masyarakat. 1(2), 31–31. https://doi.org/10.26714/sjpkm.v1i2.8683

Margirizki, S. A., & Sumarmi, S. (2020). Analisa Program Tablet Tambah Darah untuk Ibu Hamil di Kota Bogor. 8(1), 19–19. https://doi.org/10.20473/mgk.v8i1.2019.19-26

Mustika, S., Tiara, A., & Khotimah, W. Q. (2021). Pelatihan Meningkatkan Kapasitas Umkm Mitra Masjid Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.18196/ppm.33.235

Pahrizal, N., Vintoni, A., Sotlikova, R., & Ya'akub, H. Z. H. (2025). Metacognitive reading strategies and their impact on comprehension: Insights from rural EFL learners. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 18-36.

Putri, S. T. O., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffe Shop pada Kedai Kopi Anaqi Di Kabupaten Subang. 7(2), 906–906. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.564

Pradana, Y. A., Setyawati, Y., Dewi, L. P., Shobri, M. Q., Adhantoro, M. S., Kurniaji, G. T. B., & Romadloni, N. T. (2024). Penentuan Rute Optimal Wisata di Kota dan Kabupaten Madiun Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 49-56.

Prayitno, H. J., Purnomo, H., Widyasari, C., Rahmawati, L. E., Ishartanto, N., Sutama, S., & Riyanto, S. (2025). Belajar. id vs. WAG: as feedback digital learning tools in primary school. International Journal of Innovation and Learning, 37(2), 226-241.

Rahmawan, A. A., Patmisari, P., Kusumaningtyas, D. A., & Mahardika, D. A. (2025). Penguatan Budaya Literasi melalui Kelas Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1-11.

Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa. 2(4), 287–287. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569

Sari, C. D. M., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 2(1), 63–63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Sukoharjo, B. (2024). Data Stunting Balita Kabupaten Sukoharjo Berdasarkan e-PPGBM - Tabel Statistik.

Sutoyo, H., Suwarno, S., Pariningsih, N. C., & Wardana, A. S. (2022). Peningkatan Konsep Pembentukkan Tanah melalui Problem Based Introduction (PBI) dan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 93-105.

Syofyanengsih, S., Fajar, N. A., & Novrikasari, N. (2022). Hubungan Peran Keluarga terhadap Kejadian Stunting: Literature Review. 22(2), 1167–1167. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2399

Utami, R. T., Kartika, R. C., Prayitno, H. J., Desstya, A., Sumardjoko, B., & Rahmawati, F. P. (2025, March). Cultivating Literacy through Adiwiyata Activities in Ele-mentary Schools. In The 5th International Conference on Education for All (ICEDUALL 5 2024) (pp. 108-120). Atlantis Press.

Yarmaliza, Y., Farisni, T. N., Fitriani, F., Zakiyuddin, Z., Reynaldi, F., & Syahputri, V. N. (2021). Prilaku Kemandirian Pangan Keluarga sebagai Preventif Stunting di Desa Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. 314–325. https://doi.org/10.33096/woh.v4i04.202

Downloads

Submitted

2025-02-21

Accepted

2025-06-24

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles