Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di ICC Pahang
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8675Keywords:
adaptasi media pembelajaran, globalisasi pendidikan, pembelajaran interaktif, pembelajaran lintas budayaAbstract
Pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang tak hanya memberikan manfaat sebagai bentuk pemahaman siswa namun juga bertujun untuk membentuk karakter siswa guna memberikan motivasi untuk terus belajar. Hal ini menjadi pusat perhatian utama karena efek perkembangan teknologi dan kemunduran Pendidikan sehingga pengajar harus lebih aktif dan kreatif untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan memberikan suasana yang baik serta manfaat didalamnya. Hasil penelitian ini diambil dengan data sampling dari metode kualitatif yang melibatkan beberapa pihak informan. Dari hasil yang dilihat adanya program yang dibuat dan yang sudah diterapkan mampu memberikan pengaruh yang baik bagi siswa dengan kemajuan prestasi serta keaktifan dalam mengikuti pembelajaran.
Downloads
References
Adhantoro, M. S., Gunawan, D., Prayitno, H. J., Riyanti, R. F., Purnomo, E., & Jufriansah, A. (2025). Strategic technological innovation through ChatMu: transforming information accessibility in Muhammadiyah. Frontiers in Artificial Intelligence, 8, 1446590.
Adiko, H. S. S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communications Technologies) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(2), 67. https://doi.org/10.31314/akademika.v7i2.312
Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Amanda, D. R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 185–199.
Arung, F., Murthado, F., & Boeriswati, E. (2023). Merdeka belajar: The real learning needs of students, teachers, and institutions related to demands for independent learning innovation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 120-135.
Cyntia, A. A., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.39840
Dewi Purpitasari, S., Arofah, L., & Nusantara PGRI Kediri, U. (2021). Upaya Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Menaati Tata Tertib Sekolah Dengan Teknik Role Playing Di Smk Arga Husada Pare. Seminar Nasional Virtual: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Era Disrupsi, 195–203.
Dhamayanti, M. Z., Hidayati, D., Hasanah, E., & Sukirman, S. (2024). Pengalaman peserta didik kelas 1 SD dalam menggunakan Quizizz sebagai sarana belajar interaktif. Manajemen Pendidikan, 1–15.
Hapsari, E. D., Rizaldy, D. R., & Waraulia, A. M. (2024). Peningkatan Kualitas Karakter Siswa Melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. 07(01), 214–229.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1).
Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82.
Miranti, D., Astutik, A. F., & Rahmawati, N. P. (2024). Membangun Semangat Belajar dan Nasionalisme dengan Memperkenalkan Budaya Indonesia di Sanggar Bimbingan Kuala Langat. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 483–490. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i3.6580
Muamaroh, M., Setyabudi, T., Nurhidayat, N., & Enggarani, N. S. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT. Warta LPM, 33–40.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Muhammad, G., Zakiah, Q. Y., & Erihadia, M. (2021). Implementasi pendidikan karakter religius melalui media pembelajaran berbasis teknologi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 481. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5073
Neha, La Ili, & Ashari, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 142–149. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.19
Ningtyas, W. R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tamansiswa, U. S. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter. VI(9), 46–55.
Supriyono, H., Adhantoro, M. S., & Rahmadzani, R. F. (2018). Developing Mobile Interactive Learning Media with Educational Game for Supporting Javanese Letters Learning. Advanced Science Letters, 24(12), 9173-9177.
Sari, A. M., Hernanjaya, A. N., Adhantoro, M. S., & Kurniaji, G. T. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital melalui Program Ekstrakulikuler Drama berbasis Video di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 14-23.
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16.
Undang-undang, D., & Kementerian, I. (n.d.). Hak Cipta © 201 7 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Katalog Dalam Terbitan ( KDT ) Penulis Penelaah Penyelia Penerbitan : Heny Kusumawati . Mitahul Khairiyah , Rahmat , Ana Ratna Wulan , Penny Rahmawaty , Bambang Prihadi , Widia Pekerti , dan Suh.
Wahyuningsih, A., & Citraningrum, N. M. (2019). The Effectiveness of The Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) and Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) on Reading Comphrehension Skill. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 26-36.
Yamin, M., Saputra, A., & Deswila, N. (2021). Enhancing Critical Thinking in Analyzing Short Story “The Lazy Jack” Viewed from Identity Theory. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 30-39.
Yuliarni, Y., Fatmah, F., Apriana, A., Heryati, H., Nurhayati, N., Setyawati, D., & Rusdiana, Y. T. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pembelajaran Bagi Para Guru di SMA Teladan Palembang. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 56–64.
Yumna, Y., Jaili, H., Tupas, P. B., Azima, N. F., Minsih, M., Dahliana, D., & Fransiska, N. (2024). Transformative Learning Media for Generation Z: Integrating Moral Values through Interactive E-Books in Islamic Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(3), 403–422.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). 157–165.






