Implementasi Program Literasi Teknologi untuk Meningkatkan Kesadaran Digital Siswa di ICC Al Anshar Bahau, Malaysia

Authors

  • Muhammad Syahriandi Adhantoro Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rifatul Ula Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    Indonesia
  • Maulida Harefa Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
    Indonesia
  • Nur Assifa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
    Indonesia
  • Rahayu Febri Riyanti Fakultas Ilmu Keguruan dan Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
    Indonesia
  • Eko Purnomo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yans Fithratul Islamy Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Cahyaningtyas Sekar Wahyuni Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i2.8565

Keywords:

etika digital, keamanan siber, kesadaran digital, literasi teknologi, penyaringan informasi

Abstract

Literasi teknologi merupakan keterampilan esensial bagi siswa di era digital, terutama bagi komunitas imigran yang memiliki keterbatasan akses terhadap pendidikan formal. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi siswa di ICC Al Anshar Bahau, Negeri Sembilan, Malaysia, melalui pendekatan yang terstruktur dan interaktif. Metode yang diterapkan meliputi analisis kebutuhan, perencanaan program, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa memiliki keterbatasan dalam memahami konsep keamanan siber, penyaringan informasi, dan etika digital. Sebagai solusi, program ini dirancang dengan modul pelatihan yang mencakup aspek-aspek utama literasi teknologi, diterapkan melalui metode pembelajaran interaktif serta didukung oleh evaluasi berbasis pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap keamanan digital, verifikasi informasi, dan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Program ini memberikan dampak positif dalam membekali siswa dengan keterampilan digital yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global. Tindak lanjut dari program ini mencakup pengembangan modul lanjutan serta pembentukan komunitas literasi digital di lingkungan sekolah. Dengan demikian, program ini menjadi model pemberdayaan pendidikan berbasis teknologi bagi komunitas imigran yang menghadapi keterbatasan akses terhadap pendidikan formal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, N., Dwiningsih, K., Jehwae, P., & Sari, C. (2024). Leveraging Technology to Improve Learning Independence in Chemistry: A Study on Moodle Integration. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(3), 365-386. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v6i3.23706

Adawiali, R., Setyawan, S. ., Triyono, A. ., Saputro, E. P. ., Siswanto, H. ., & Triyanto, J. . (2022). Adopsi Inovasi Program SIMADE (Sistem Informasi Manajemen Desa/Kelurahan) di Desa Papahan Kabupaten Karanganyar. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(3), 106–127. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i3.18

Affandi, M., Mahardhani, A. J. ., & Nasution, I. F. . (2023). Membangun Generasi Good Citizen dengan pemanfaatan Teknologi Digital di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 80–87. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.76

Anderson, J., Van Weert, T., & Duchâteau, C. (2002). Information and communication technology in education: A curriculum for schools and programme of teacher development.

Anikina, O. V., & Yakimenko, E. V. (2015). Edutainment as a modern technology of education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 166, 475-479.

Awaludin, A., Prayitno, H., & Haq, M. (2022). Using Digital Media During the COVID-19 Pandemic Era: Good Online Program in Higher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i1.19574

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan literasi digital anggota karang taruna tunas harapan sebagai pembentuk pendidikan karakter bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169-173.

Becker, S. J., Nemat, A. T., Lucas, S., Heinitz, R. M., Klevesath, M., & Charton, J. E. (2023). A Code of Digital Ethics: laying the foundation for digital ethics in a science and technology company. AI & SOCIETY, 38(6), 2629-2639.

Bulman, G., & Fairlie, R. W. (2016). Technology and education: Computers, software, and the internet. In Handbook of the Economics of Education (Vol. 5, pp. 239-28

Chen, Z. (2024). Exploring the application scenarios and issues facing Metaverse technology in education. Interactive Learning Environments, 32(5), 1975-1987.

Dinçer, S. (2018). Are preservice teachers really literate enough to integrate technology in their classroom practice? Determining the technology literacy level of preservice teachers. Education and information technologies, 23(6), 2699-2718.

Fitria, C. N., Hermawan, H. D., Sayekti, I. C., Selfia, K. D., Azra, A., & Prasojo, I. (2021). Pengembangan Digitalisasi Sekolah Berbasis Website pada Era Komputasi Global di SMP Muhammadiyah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 1-10.

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya penguasaan literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru madrasah ibtidaiyah dalam menyiapkan siswa menghadapi revolusi industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87-95.

Hanna, R., & Kazim, E. (2021). Philosophical foundations for digital ethics and AI Ethics: a dignitarian approach. AI and Ethics, 1(4), 405-423.

Hidayat, M., Abdurrahman, S., Astuti, D., Prabawati, R., Anif, S., Hariyatmi, H., & Zannah, F. (2024). Pilot Study of Digital Competency Mapping of Indonesian Preservice Teachers: Rasch Model Analysis. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 7(1), 100-116. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v7i1.23935

Huggins, A. C., Ritzhaupt, A. D., & Dawson, K. (2014). Measuring information and communication technology literacy using a performance assessment: Validation of the student tool for technology literacy (ST2L). Computers & Education, 77, 1-12.

Ismail, S., Ling, Z., Nawir, E., Alber, A., & Fauziah, D. (2023). Review of Instructional Digital Media to Path Teachers’ Digital Competence on Philosophical Perspective: Distraction or Diversion. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(4), 139-154.

Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184-193.

Lai, J. W., & Bower, M. (2019). How is the use of technology in education evaluated? A systematic review. Computers & Education, 133, 27-42.

Lestari, S., & Santoso, A. (2019). The roles of digital literacy, technology literacy, and human literacy to encourage work readiness of accounting education students in the fourth industrial revolution era. KnE Social Sciences, 513-527.

Li, Y., & Liu, Q. (2021). A comprehensive review study of cyber-attacks and cyber security; Emerging trends and recent developments. Energy Reports, 7, 8176-8186.

Mahardhani, A. J., Sutrisno, S., Rusdiani, N. I., Cahyono, H., Asmaroini, A. P., Kristiana, D., & Ayuningtyas, E. D. P. (2023). Pembelajaran Lintas Budaya Melalui Aktivitas Mengajar pada Sanggar Bimbingan Non Formal di Malaysia. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58-67.

Makmur, S. M., Dunggio, R., Pilomonu, M. Z., & Maulana, R. (2023). Penguatan Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pancasila dan Metode Repetisi bagi Siswa di Sanggar Bimbingan Rawang Selangor, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 74-83.

Mayer, R. E. (2022). Instructional media and instructional methods in digital language learning: Are we asking the right questions?. Bilingualism: Language and Cognition, 25(3), 396-397.

Muhtadin, L. ., Makruf, A. I. ., Indah, T. ., & Kusumaningtyas, D. A. . (2024). Pemanfaatan Media YouTube dalam Pembelajaran Praktik Pidato untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4(2), 218–228. https://doi.org/10.56972/jikm.v4i2.110

Niehlah, A. R., Jufriansah, A., Khusnani, A., Fauzi, I. M., & Sari, T. P. (2023). Penguatan Pendidikan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Jasmani bagi Anak Pekerja Migran di Sanggar Bimbingan Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 105-122.

Papert, S. (1987). Information technology and education: Computer criticism vs. technocentric thinking. Educational researcher, 16(1), 22-30.

Prasetyo, A. D., & Patmisari, P. (2024). Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Media Teknologi untuk Meningkatkan Literasi Digital bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 137-146.

Purwani, R., Fathoni, A., Sarilan, S., & Siswanto, H. (2024). Transformasi Administrasi Pendidikan untuk Mengoptimalkan Efisiensi dan Kualitas Layanan Pendidikan pada Era Digital. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 4(1), 53–58. https://doi.org/10.23917/jkk.v4i1.261

Reiser, R. A. (2001). A history of instructional design and technology: Part I: A history of instructional media. Educational technology research and development, 49(1), 53-64.

Salomon, G., & Clark, R. E. (1977). Reexamining the methodology of research on media and technology in education. Review of educational research, 47(1), 99-120.

Selwyn, N. (2012). Education in a digital world: Global perspectives on technology and education. Routledge.

Sita Dewi, A., Arifin, Z. ., Purnomo, E. ., & Siswanto, H. . (2023). Adaptasi Teknologi dan Literasi melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 01 Plumbon. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.61

Yeşilyurt, E., & Vezne, R. (2023). Digital literacy, technological literacy, and internet literacy as predictors of attitude toward applying computer-supported education. Education and Information Technologies, 28(8), 9885-9911.

Zam, E. M. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 9-18.

Downloads

Submitted

2025-02-03

Accepted

2025-02-04

Published

2025-01-05

Issue

Section

Articles