Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab dan Inggris berpendekatan Sosiopragmatik bagi Siswa SMK Muhammadiyah Lampung
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i2.8423Keywords:
era globalisasi, internalisasi bahasa, keterampilan berbahasa, kompetensi bahasa, native speaker, pembelajaran bahasa autentik, sosiopragmatikAbstract
Kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan hal yang penting dalam era kemajuan digital. Kedua bahasa tersebut merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan diberbagai dunia. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris pada siswa SMK Muhammadiyah Lampung. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode partisipasi aktif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa dengan menghadirkan native speaker yang berasal dari Yaman dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan komunikasi dasar bahasa Arab dan bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kosakata para siswa dalam bahasa Arab yang memiliki skor rata-rata siswa meningkat dari 45 menjadi 72 (skala 100), sedangkan untuk bahasa Inggris, peningkatan skor rata-rata adalah dari 50 menjadi 78 (dalam skala 100). Selain itu, kosakata mereka naik terbukti siswa mampu mengenali dan menggunakan sekitar 50 kosakata dasar dalam bahasa Arab dan 60 kosakata dasar dalam bahasa Inggris. Pengabdian ini memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan bahasa asing siswa SMK Muhammadiyah Lampung. Harapannya pengabdian ini tidak hanya sampai di sini saja, namun dapat berkembang melalui berbagai kegiatan yang serupa dan memiliki dampak yang signifikan pula.
Downloads
References
Amir, M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa melalui Kegiatan Tahsin Tahfidzul Quran dengan Metode Tsaqifa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1).
Azizah, S. N., Setiadi, M. R., Agusman, D. D., & Raprap, F. E. (2023). Improving the English Skills of Elementary School Students in Tourism Areas. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 21–26.
Echavez, C. J. (2024). Shapeshifting in Social Spaces: Sociolinguistic Competence of Multilingual Learners. Kajian Linguistik Dan Sastra, 9(2), 202–218.
Herlandy, P. B., Sholihat, N., Pahmi, P., Majid, N. W. A., Azman, M. N. A., & Ulwan, A. N. (2024). Developing a Digital Module for Integrating Islamic and Muhammadiyah Values with Pancasila in Vocational Education: A Sadiman Method Approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(2), 183–195. https://doi.org/10.23917/ijolae.v6i2.23208
Margana, M. (2009). Integrating local culture into English teaching and learning process.
Muamaroh, M. (2016). Pakom Aplikasi Cooperative Learning untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA dan SMK Muhammadiyah Se-Surakarta. Warta LPM, 18(2), 118–125. https://doi.org/10.23917/warta.v18i2.1951
Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168.
Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., Swastika, A., & Hidayat, O. T. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73.
Pahrizal, N., Vintoni, A., Sotlikova, R., & Ya’akub, H. Z. H. (2024). Metacognitive Reading Strategies and Their Impact on Comprehension: Insights from Rural EFL learners. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 7(1), 18–36.
Pamungkas, A. F., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Rahmah, M. A., & Hastuti, W. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi pada Kurikulum Merdeka melalui Program Kampus Mengajar bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(2), 199–208. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.143
Prayitno, H. J., Ratih, K., Utami, R. D., Siswanto, H., Purnomo, E., Sanaani, A. E. Al, Taha, A. A., Nugroho, F. A., Sofiyudin, M., & Jufriansah, A. (2024). Pendidikan Progresif-Moderatif untuk Meningkatkan Soft Skills Siswa MIM SUKA-AKA sebagai Inovator Perubahan Pendidikan. Berdikari Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 11(2), 70–83. https://doi.org/https://journal.umy.ac.id/index.php/berdikari/article/view/23954
Primantari, A. N., & Wijana, I. D. P. (2016). Perbandingan Bentuk Tindak Tutur Meminta oleh Pembelajar BIPA dari Korea dan Penutur Asli Bahasa Indonesia: Kajian bahasa antara. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 95–104.
Santoso, I., Pendidikan, J., Jerman, B., Bahasa, F., Seni, D., & Yogyakarta, U. N. (2014). Pembelajaran bahasa Asing di Indonesia: Antara Globalisasi dan Hegemoni. Ejournal.Upi.Edu, 14(1).
Saragih, M., Hartati, R., Zulmawati, Z., Hasibuan, M. F., Sembiring, R., & Suprayetno, E. (2023). Pelatihan English Conversation melalui Direct Method dan Keterlibatan Native Speaker dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Muhamadyah 18 Medan. Jurnal Abdimas Maduma, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.52622/jam.v2i2.182
Sirad, C. C. (2025). Pendampingan Program Daurah Tadribiyyah Native Speaker untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Produktif pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Pengabdian, Jurnal.Penerbitwidina.Com.
Sogimin, S. (2020). The Cultural Obstacle in the Communication Between Native Speaker and Non Native Speaker In English. Unaki.Ac.Id Urnal CULTURE Language, Undefined Literature.
Sumardi, S. (2017). Performance-based Assessment As A Current Trend in ELT: Investigating Its Washback Effects on Secondary-School Students Learning. Kajian Linguistik dan Sastra, 2(1), 1–11.
Sunarti, S. (2024). Strategi Pengajaran untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Irje.Org Indonesian Research Journal 2024, Undefined.
Susilawati, C. (2023). Identification and Efectiveness of Halal Tourism Laws in Indonesia. Journal of Islamic Economic Laws, 6(2), 110–132.
Sya’adah, H., Joko Prayitno, H., Sabardila, A., & Purnomo, E. (2024). Expressive Speech Acts in the Introductory Discourse of Online Dating Tinder in Malaysia. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 225–241. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i2.10400
Syifaunnufus, F. (2025). Strategi Mengatasi Kesalahan Tata Bahasa Umum dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Non-Native. Jpii.Temanmenulis.Com.
Utomo, A. F., Dinayati, S. F., Yovilandis, L., Purnomo, E., Prayitno, H. J., Duerawee, A., & Sya’adah, H. (2024). Alih Kode dan Campur Kode dalam Podcast Dedy Corbuzier bersama Jerome Polin pada Media Sosial Youtube. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 3(3), 270–288. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i3.401
Wahyudi, A. B., Sufanti, M., Prabawa, A. H., Rahmawati, L. E., Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Noviana, S. T., & Febriyanti, R. (2023). Penguatan Literasi Digital melalui Pelatihan Microsoft PowerPoint di SMK Muhammadiyah. Warta LPM, 363–374.
Waljinah, S., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Rufiah, A., & Kustanti, E. W. (2019). Tindak Tutur Direktif Wacana Berita Online: Kajian Media Pembelajaran berbasis Teknologi Digital. SeBaSa, 2(2), 118. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1590
Wijayanto, A. (2012). Refusal Strategies to Invitation by Native And Non Native Speakers of English.
Wijayatiningsih, T. D., Budiastuti, R. E., Mulyadi, D., Ifadah, M., Aimah, S., & Yustinah, Y. (2022). Implementasi Teacher Professional Development dengan Penerapan Lesson Study di Sekolah Muhammadiyah. Warta LPM, 473–486.
Zaini, A., Rahman, R., Islam, Y. H.-J. P., & 2020, undefined. (2025). Arab dan Hubungannya dengan Tempoh Pembelajaran Bahasa dalam Kalangan Bukan Penutur Jati: Arabic Vocabulary Size and its Relationship With Language …. Jpi.Uis.Edu.My, 5(1). https://doi.org/10.59818/jpm.v5i1.1005






