Penanaman Nilai Nasionalisme dan Patriotisme melalui Pendidikan dan Kegiatan Lomba Harijadi Kemerdekaan RI bagi Anak Pekerja Migran Sanggar Bimbingan Kuala Lumpur Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i2.8367Keywords:
anak migran indonesia, keberagaman global, nilai-nilai patriotisme, nilai-nilai nasionalisme, pendidikan pancasilaAbstract
Nasionalisme adalah paham kebangsaan, yang berarti seseorang yang mempunyai rasa cinta kepada tanah airnya dan cinta terhadap bangsanya sendiri. Pemahaman akan pentingnya menumbuhkan cinta pada tanah air perlu disadari oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan anak usia dini, terutama bagi siswa Sanggar Bimbingan Kuala Lumpur, Malaysia. Tujuannya tak lain adalah membekali mereka dengan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme sebagai generasi yang akan membawa bendera Indonesia di masa depan, terutama dalam konteks global. Salah satu masalah penting yang dihadapi adalah kurangnya rasa nasionalisme yang ditanamkan pada jati diri anak-anak, kurangnya kewarganegaraan anak menghalangi mereka untuk memiliki akses terhadap hak-hak dasar lainnya termasuk hak atas bantuan sosial, hak atas pekerjaan, hak atas kesehatan, hak atas penghidupan yang layak, dan hak atas pendidikan Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah yang diteliti, pendekatan pengabdian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis data kualitatif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme terhadap anak-anak migran Indonesia. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menanamkan rasa nasionalisme pada anak-anak pekerjaan migran Indonesia melalui pendidikan dan perayaan 17 Agustus di Sanggar Bimbingan Kuala Lumpur, Malaysia. Berdasarkan hasil pengabdian ini, dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran PPKN (Pendidikan Kewarganegaraan), pengadaan lomba dan upacara 17 Agustus serta nonton film sejarah 10 november 1945 dengan media audio visual dan peraktik langsung dapat bermanfaat bagi anak-anak migran di Malaysia.
Downloads
References
Febriani, V. N., Rusfa, I. R., Azizah, S. N., Utami, R. D., Sofiana, J., Handayani, T., & Rebianto, S. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila bagi Siswa SB Kuala Langat Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 155–163. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.75
Febriyanti, Rifiana, et al. "Edukasi Pemilahan Sampah sebagai Upaya Penanganan Masalah Sampah di SD Muhammadiyah Baitul Fallah Mojogedang." Buletin KKN Pendidikan 5.1 (2023): 37-45.
Harahap, S. N. H., & Nurhilmiyah, N. (2024). Status Kewarganegaraan Pelajar Keturunan Indonesia di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.2068
Ikhlas, M., Kuswanto, K., Sakunti, S. R., Debi, M. R., & Collantes, L. M. (2021). A Sequential Explanatory Investigation in using ICTs on Arabic Language and Islamic Values Education: Teacher-Students Perspective. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(3), 153-167.
Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020, December 22). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
Maghfiroh, Ana, et al. "Future-Ready Educators: Assessing Digital Competence and Teaching Preparedness Among Prospective Teachers in the 21st Century." Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 6.1 (2023): 47-61.
Makmur, Sitti Magfirah, et al. "Penguatan Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pancasila dan Metode Repetisi bagi Siswa di Sanggar Bimbingan Rawang Selangor, Malaysia." Buletin KKN Pendidikan 5.1 (2023): 74-83.
Markhumah, U., Herawati, S. & Pujiatmoko, E. 2023. Character Building Through the Spread of Culture as the Basis of Social and Social Life. Journal Transnational Universal Studies, 1, 928-934.
Puji Asmaroini, A., Trisofirin, M., & Shohenuddin, S. (2023). Internalisasi nilai-nilai Pancasila di Sanggar Belajar Sentul Malaysia | Asmaroini | JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan).
Rachmawati, R., Lukitawati Sujatna, M., & Octavia, E. (2023, August 21). Penyuluhan Mengenai Urgensi Menumbuhkan Cinta pada Tanah Air bagi Anak WNI di Paud At-Tanzil Ampang Malaysia | Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Ratih, Koesoemo, et al. "Penguatan nilai dan karakter nasionalisme melalui lagu wajib nasional di MI muhammadiyah tanjungsari, boyolali." Buletin KKN Pendidikan 2.2 (2020): 75-78.
Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., Kusumaningtyas, D. A., & Syaadah, H. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air melalui Lomba Kemerdekaan pada Siswa Sanggar Bimbingan IKABA IMABA, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 46–55. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22468
Sugiman, A. M. R. (2017). PENanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme Melalui Materi Sikap Semangat Kebangsaan dan Patriotisme dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara Pada Pembelajaran PKn di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370






