Adopsi dan Transformasi Teknologi AI dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru Mapel Matematika SMA di Klaten
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i2.8272Keywords:
adopsi teknologi AI, artificial intelligence, N-Gain, pembelajaran kontekstual, pembelajaran matematika, teknologi informasi, transformasi teknologi AIAbstract
Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan, terutama pada pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), masih kurang optimal meskipun potensi AI dalam personalisasi pembelajaran dan pemberian umpan balik adaptif sangat besar. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui integrasi AI, dengan mengadakan workshop untuk guru matematika SMA di Kabupaten Klaten. Metode pelatihan mencakup survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, pengembangan modul pelatihan, serta evaluasi pre-test dan post-test menggunakan analisis N-Gain. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru terkait AI, terutama pada aspek Perceived Behavioral Control dengan kategori tinggi. Manfaat pelatihan ini mencakup peningkatan kesiapan guru dalam mengadopsi teknologi AI, yang diharapkan dapat mendukung personalisasi dan efektivitas pembelajaran matematika di SMA. Temuan ini memberikan dasar untuk pengembangan lebih lanjut dari model pelatihan berbasis teknologi dalam pendidikan.
Downloads
References
Andyani, R. A., Shobri, M. Q., Baihaqi, M. A., Al-Kubro, P. B., & Adhantoro, M. S. (2024). Aplikasi Metode Ward dengan Berbagai Pengukuran Jarak (Studi Kasus: Klasifikasi Tingkat Perekonomian di Indonesia). Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 177-190.
Ajzen, I. (1991). Theory of Planned Behavior. In Organizational Behavior and Human Decision Processes. Academic Press. https://doi.org/10.1080/10410236.2018.1493416
Baskara, F. R., Puri, A. D., & Wardhani, A. R. (2023). ChatGPT and the Pedagogical Challenge: Unveiling the Impact on Early-Career Academics in Higher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(3), 311–322. https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i3.22966
Fajri, N., M. Nursalim, & S. Masitoh. (2024). Systematic literature review: Dampak teknologi pendidikan terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif pada pembelajaran matematika: systematic literature review : dampak teknologi pendidikan terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif pada pembelajaran matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 11–24. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12083
Harahap, Y. N., & Siswadi, S. (2024). Pengaruh Teknologi Aritificial Intelligence dalam Upaya Penyelesaian Tugas Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Al Washliyah Medan. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 119–123. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.854
Hermawan, I., Agustin, M., Rosyida Zain, A., Tri Mulyani, M., & Nathanael, D. (2023). Rice Seedling Image Classification Using Light Convolutional Neural Network. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 9(2), 111–119.
Hidayat, W. N., Nurrohim, A., & Suharjianto. (2024). E-Learning Based Teaching Revolution of the Quran Interpretation at Universitas Muhammadiyah Surakarta. Proceedings of the International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2023), 175–185. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-102-9_17
Ishartono, N., Nurcahyo, A., Sufahani, S. F. bin, & Afiyah, A. N. (2022). Employing PowerPoint in the Flipped-Learning-Based Classroom to Increase Students’ Understanding: Does It Help? Asian Journal of University Education, 18(3). https://doi.org/10.24191/ajue.v18i3.18952
Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184-193.
Khoirunisa, A., Rohman, F., Azizah, H. A., Ardianti, D., Maghfiroh, A. L., & Noor, A. M. (2023). Islam in the Midst of AI (Artificial Intelligence) Struggles: Between Opportunities and Threats. Suhuf, 35(1), 45–52. https://doi.org/10.23917/suhuf.v35i1.22365
Kholid, M. N., Rofi’ah, F., Ishartono, N., Waluyo, M., Maharani, S., Swastika, A., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2022). What Are Students’ Difficulties in Implementing Mathematical Literacy Skills for Solving PISA-Like Problem? Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(2). https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i2.5057
Liao, S.-Q., Hou, G.-Q., Pan, X., Liao, C.-S., & Li, D.-F. (2012). The Gain Modulation by N-methyl-D-aspartate in the Projection Neurons of Robust Nucleus of the Arcopallium in Adult Zebra Finches. Neural Plasticity, 2012, 1–7. https://doi.org/10.1155/2012/931780
Nur Al Fariana, Nur Hardiani, Habibi Ratu Perwira Negara, Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Syaharuddin. (2024). Perbandingan self-efficacy matematis antara siswa yang berminat tinggi dan rendah dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3685
Pradana, Y. A., Setyawati, Y., Dewi, L. P., Shobri, M. Q., Adhantoro, M. S., Kurniaji, G. T. B., & Romadloni, N. T. (2024). Penentuan Rute Optimal Wisata di Kota dan Kabupaten Madiun Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 49-56.
Purnama, N. D., Luthfi, F. A., Hasanah, H. N., Pamungkas, T. B., Faiza, N. A., & Setiawati, D. (2024). Legal Review of the Legality of Artificial Intelligence Creations In The Frame of Intellectual Property Rights In Indonesia. International Conference Restructuring and Transforming Law 2024, 3(1), 159–168.
Sadaf, A., Newby, T. J., & Ertmer, P. A. (2012). Exploring pre-service teachers’ beliefs about using Web 2.0 technologies in K-12 classroom. Computers and Education, 59(3), 937–945. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.001
Selasih, D., & Suranto, S. (2024). Understanding Student Perceptions of Artificial Intelligence Technology: Case Study of Accounting Education Student, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 375–388.
Subroto, P. W., Malik, M., Raditya, A., & Saputra, N. N. (2024). A Bibliometric Analysis on Artificial Intelligence in Marketing: Implications for Scholars and Managers. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/15332861.2024.2350326
Supriyono, H., Rahmadzani, R. F., & Adhantoro, M. S. (2019). Developing computer application for interactive Javanese letters learning. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 8(6), 3112-3119.
Sutama, Prayitno, H. J., Narimo, S., Ishartono, N., & Sari, D. P. (2021). The development of student worksheets based on higher order thinking skill for mathematics learning in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012032
Umam, K., Khotimah, H., Purwanto, S. E., Azhar, E., Fatayan, A., & Nuriadin, I. (2024). Augmented Reality dan Artificial Intelegence untuk Pemeblajaran dalam Persepektif Guru Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 273–279. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.595
Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28–32. https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15631
Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 602–615. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2324






