Penguatan Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Apresiasi terhadap Keberagaman Budaya Indonesia di SB Permai Penang

Authors

  • Minsih Minsih Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nurul Widya Tanaya Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Alief Laela Cahyaningtyas Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Alya Rifa Nurjanah Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Helzi Helzi Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ratna Dyah Utami Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Munaaya Fitriyya Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i2.8031

Keywords:

kekayaan kebudayaan Indonesia, literasi budaya, pendidikan multikultural, pendidikan ortomotif, pengenalan kebudayaan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan pengajaran kebudayaan Indonesia di Sanggar Bimbingan (SB) Permai Penang dalam konteks pendidikan. Dengan menggunakan metode kualitatif, program ini mengeksplorasi bagaimana konsep kebudayaan Indonesia disampaikan kepada siswa dan dampaknya terhadap pemahaman serta apresiasi mereka terhadap kekayaan budaya Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi dan partisipasi aktif dalam kegiatan pendidikan siswa. Hasil program ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan holistik yang menggabungkan berbagai aspek kebudayaan Indonesia, seperti seni tari tradisional, musik, dan bahasa, ke dalam pembelajaran sangat efektif. Selain itu, penggunaan teknologi modern seperti multimedia, aplikasi interaktif, dan platform digital turut membantu meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam mempelajari kebudayaan Indonesia. Pendekatan pengajaran di Sanggar Bimbingan (SB) Permai Penang tidak hanya berfokus pada peningkatan pemahaman akademis, tetapi juga bertujuan mempromosikan sikap menghargai dan menghormati keberagaman budaya. Dengan demikian, metode ini tidak hanya memperkuat identitas budaya siswa Indonesia, tetapi juga mendukung pemahaman lintas budaya di kalangan siswa. Program ini memberikan kontribusi penting terhadap literatur tentang pendidikan kebudayaan di lingkungan multikultural dengan menyoroti efektivitas strategi pengajaran tertentu dalam menyampaikan pengetahuan kebudayaan Indonesia kepada siswa dari latar belakang budaya yang beragam. Implikasi praktis dari temuan ini dapat membantu pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran di institusi pendidikan lain untuk mempromosikan pemahaman dan toleransi lintas budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aly, A. (2012). Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta.

Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di era Globalisasi TERHADAP Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 996–998. doi:10.33487/edumaspul.v6i1.2294

Aqobah, Q. J., Putri, C. H., Ummah, K. R., & Anisah, R. W. (2023). Permainan tradisional engklek Untuk Peningkatan motorik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jor/article/view/35261

Asmaroini, A., Trisofirin, M., & Shohenuddin, S. (2023). Internalisasi nilai-nilai Pancasila di Sanggar Belajar Sentul Malaysia. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 8(2), 136-145. Retrieved from https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/7557

Della, K. (2022). Eksistensi Lagu nasional di era GLOBALISASI Sebagai pembentuk Nasionalisme Siswa SD negeri 1 kendal. SOSIO EDUKASI Jurnal Studi Masyarakat Dan Pendidikan, 5(2), 57–64. doi:10.29408/sosedu.v5i2.5507

Dianna, D. N. (2020). Pendidikan Multikultural Dari Perspektif HM Rasjidi. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 91-98.

Djumadi, D., Sulistyanto, H., Narimo, S., Prayitno, H. J., Suleha, S., Rosita, E., … Shohenuddin, S. (2023). Penguatan literasi budaya Indonesia Pada Siswa sanggar Belajar sentul Kuala Lumpur Dengan Permainan Tradisional. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 180–190. doi:10.23917/bkkndik.v5i2.23177

Fathoni, T., & Wijayanti, L. M. (2022). Pendidikan multikultural Kebudayaan Ortomotif Dalam Pluralisme Beragama. Retrieved from https://edujavare.com/index.php/TLS/article/view/15

Fauziyah, A. F., Amalia, N., & Kartikasari, E. D. (2022). Pengenalan Kebudayaan Indonesia melalui Boanding Literasi SB Hulu Kelang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 161-166.

Handayani, R., Narimo, S., Fuadi, D., Minsih, M., & Widyasari, C. (2023). Preserving local cultural values in forming the character of patriotism in elementary school students in Wonogiri Regency. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 56–64. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i1.450

Mardiyana, T., Ernawanto, Y., & Minsih, M. (2022). Pemanfaatan Seni Srandul Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slowlearner di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial, Sains Dan Teknologi, 1(1), 122-128. Retrieved from https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/prosnas/article/view/92

Maryono, M., Susanto, H., & Redho Syam, A. (2022). Pengaruh Penggunaan media pembelajaran LCD proyektor Terhadap Prestasi belajar aqidah akhlak di sekolah. Journal of Islamic Education and Innovation, 106–115. doi:10.26555/jiei.v3i2.6720

Maulana, R., Pilomonu, M. Z., Dunggio, R., Prayitno, H. J., Djumadi, D., Minsih, M., … Dharojah, R. W. (2023). Strengthening Nationalism through the Implantation of Religious Values and Environmental Cleanliness Among Children of SB Rawang. International Conference on Education for All, 1(1), 127–131. Retrieved from http://proceedings.alptkptm.org/index.php/iceduall/article/view/19

Muhtarom, H., & Andi, A. (2022). Edukasi Nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila Terhadap Anak Imigran Indonesia di Wilayah Gombak, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 167-174.

Pengaruh Program Gerakan Literasi dan SaranaPerpustakaan Terhadap Budaya Literasi diSekolah Dasar. (2022). Jurnal ManajemenPendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi[JMP-DMT]. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i1.9337

Qondias, D., Dhiu, K. D., Uta, A., Bay, M. D., Bidi, M. F., Irmawati, Y., … Milo, K. (2024). Pendampingan Lagu Nasional sebagai Penguatan Karakter Cinta tanah air Pada Siswa sekolah dasar. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 17–30. doi:10.38048/jailcb.v5i1.2360

Retnasari, L., & Hidayat, M. T. (2018). Pendidikan multikultural dengan pendekatan aditif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 16-21.

Ridwan, M. (2022). Pengaruh Pendidikan Dalam Melestarikan Kebudayaan Dan Karakter Bangsa. Retrieved from https://osf.io/preprints/thesiscommons/2da4j

Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., Kusumaningtyas, D. A., & Syaadah, H. (2023). Menumbuhkembangkan karakter cinta tanah air melalui lomba kemerdekaan pada siswa Sanggar Bimbingan IKABA IMABA, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 46-55.

Utami, W. T., Yeni, I., & Yaswinda, Y. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari tradisional di Taman Kanak-Kanak Sani Ashila padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 87–94. doi:10.33369/jip.4.2.87-94

Downloads

Submitted

2025-01-03

Accepted

2025-01-08

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles