Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat Melalui Pendekatan Literasi Sains bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fitri Puji Rahmawati Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yulia Maftuhah Hidayati Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anatri Desstya Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Taufik Hidayat Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Choirun Nisa Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yearla Hastuti Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tiara Indah Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
    Indonesia
  • Sarilan Sarilan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
    Indonesia
  • Ida Untari Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i2.8001

Keywords:

edukasi literasi sains, kebersihan lingkungan, makanan bergizi, penyuluhan kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat

Abstract

Program ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan edukasi berbasis literasi sains dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik perilaku hidup bersih dan sehat, khususnya terkait kebiasaan mencuci tangan dengan sabun di kalangan siswa SDN Jagan 02. Metode yang digunakan adalah pendekatan eksperimen sederhana yang melibatkan siswa secara interaktif melalui media visual seperti poster dan presentasi PowerPoint serta eksperimen mengenai cara mencuci tangan yang benar. Program ini dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2024 dan 5 September 2024 dengan melibatkan siswa kelas 3 sebagai peserta didik. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa sebelum edukasi, mayoritas siswa telah memiliki pengetahuan dasar tentang mencuci tangan, namun pemahaman mereka tentang langkah-langkah yang benar dan durasi mencuci tangan masih rendah. Setelah intervensi edukasi, terjadi peningkatan signifikan, baik dalam pengetahuan maupun sikap siswa. Hasil post-test menunjukkan 90% siswa dapat menjelaskan dengan benar cara mencuci tangan, serta memahami mekanisme sabun dalam menghilangkan kuman. Selain itu, 90% siswa juga mulai menerapkan langkah-langkah mencuci tangan yang benar dalam kehidupan sehari-hari. Sikap positif terhadap perilaku mencuci tangan juga meningkat dari 65% menjadi 90% setelah edukasi. Program ini mengindikasikan bahwa pendekatan literasi sains yang menggabungkan eksperimen sederhana dan media visual efektif dalam meningkatkan kesadaran dan kebiasaan hidup bersih dan sehat di kalangan siswa sekolah dasar. Namun, Program ini masih memerlukan pengukuran jangka panjang dan penggunaan kelompok kontrol untuk memastikan keberlanjutan perubahan perilaku. Pendekatan ini dapat dijadikan model untuk program edukasi kesehatan di sekolah-sekolah lain untuk mendukung lingkungan yang lebih sehat dan perkembangan siswa yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, I., Widiati, U., Ratri, D. P., Jonathans, P. M., Nurkamilah, N., Devanti, Y. M., & Harfal, Z. (2024). Transformative Practices: Integrating Automated Writing Evaluation in Higher Education Writing Classrooms-A Systematic Review. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(3), 423-441.

Fadlika, R., Hernawati, D., & Meylani, V. (2022). Kemampuan Argumentasi Dan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas Xi Mipa Pada Materi Sel. LENSA (Lentera Sains): JurnIlyas. (2020). SD di Batu Bara Mendapatkan Program Dukungan Kebersihan & Perubahan Perilaku untuk Kesiapsiagaan Sekolah dalam Menghadapi Pandemi.". Dinas Pendidikan Batu Bara.al Pendidikan IPA, 12(1), 9–18. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.156

Febryana, N. E., Septiana, N., & Rohmadi, M. (2021). Literasi Sains Siswa Kelas IX Dengan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Exe Learning Pada Materi Pewarisan Sifat. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6638

Fitri, I., Rahmi, R., & Hotmauli, H. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Faletehan Health Journal, 8(03), 166–172. https://doi.org/10.33746/fhj.v8i03.264

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hukubun, R. D., Paulus, J. M., Nustelu, J., Ayuasthika, V., Kufla, Y. J., Huwae, L. M. C., & Huwae, L. B. S. (2024). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Naku. Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat(ALKHIDMAH), 2(1), 8–17. https://doi.org/https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i1.658

Ilyas. (2021). SD di Batu Bara Mendapatkan Program Dukungan Kebersihan & Perubahan Perilaku untuk Kesiapsiagaan Sekolah dalam Menghadapi Pandemi.". Dinas Pendidikan Batu Bara. https://disdik.batubarakab.go.id/informasi/detail/berita/kadisdik-batu-bara-ilyas--sd-di-batu-bara-mendapatkan-program-dukungan-kebersihan--perubahan-perilaku-untuk-kesiapsiagaan-sekolah-dalam-menghadapi-pandemi

Marwah, A. S., & Pertiwi, F. N. (2024). Literasi Sains Siswa dalam Berinovasi pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 114–126. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.3064

Nugraheni, O. D. (2020). Literatur Review : Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Nurdiansyah, S. I. (2024). Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SMPN 8 Kubu Raya. Journal of Community Development, 5(1), 122–127. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/comdev.v5i1.247

Nurhanifah, A., & Diah Utami, R. (2023). Analisis Peran Guru dalam Pembudayaan Literasi Sains pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 463–479. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5287

Nurtianingsih, T., Indratyaseta, A. D. P., Putra, R. I., & Indah, T. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Siswa melalui Program Kelompok Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 17-24.

Patty, F. U., Tetelepta, N., Mahu, S. A., Linansera, V., & Hukubun, R. D. (2022). Sosialisasi Sex Education: Pentingnya Pengenalan Pendidikan Seks pada Remaja sebagai Upaya Meminimalisir Penyakit Menular Seksual. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 225–231. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.293

Samudra, Y. F., Hbiibah, Z., Karno, W. A., Megasari, D., & Achmad, A. Z. (2024). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sd Negeri Pabean Sebagai Upaya Mewujudkan Zero Waste. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i1.2055

Sugiritama, I. W., I. G. N. S. Wiryawan, I. G. A. D. Ratnayanth, K., I. G. K. A., N. M. Linawat, & I. A. I. Wahyuniari. (2021). Pengembangan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan. Buletin Udayana Mengabdi, 20(1), 65.

Wicaksono, R. (2022). “Mahasiswa KKN-T IPB Mengajarkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN Ciapus 02.” Kompasiana, 18 Juli 2022. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/055_rahadianwicaksono5354/62dc25dc08a8b53fef53fe54/mahasiswa-kkn-t-ipb-mengajarkan-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-di-sdn-ciapus-02

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., ... & Arfiah, S. (2020). Penguatan karakter peduli lingkungan melalui program cinta lingkungan di mim kranggan, sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95-99.

Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, A., Fatmawati, F., Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan generasi cerdas dan berkarakter bagi masyarakat Tangen, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 63-73.

Rakhmah, Rafika, Maria Dominika Niron, and Gautam Kumar Jha. "Beyond the Classroom: A Comprehensive Analysis of Teacher Personality Competence, Parenting Styles, and Their Joint Influence on the Character Formation in Junior High School Education." Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 6.2 (2024): 156-169.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., ... & Khusain, R. (2020). Pembiasaan pengelolaan sampah sebagai strategi pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42-49.

Winarti, A., Iriani, R., Butakor, P. K., Meiliawati, R., & Syarpin, S. (2023). Transcript-Based Lesson Analysis: The Analysis of Classroom Communication in Chemistry Implementing Case-Based and Project-Based Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(1), 1-13.

Yumna, Y., Jaili, H., Tupas, P. B., Azima, N. F., Minsih, M., Dahliana, D., & Fransiska, N. (2024). Transformative Learning Media for Generation Z: Integrating Moral Values through Interactive E-Books in Islamic Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(3), 403-422.

Downloads

Submitted

2025-01-02

Accepted

2025-01-08

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles