Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kandangan Kabupaten Blitar

Authors

  • Suryandari Istiqomah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Krisdiantoro Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Novan Wahyu Indra Pratama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Anggista Citra Pita Sari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Eldinar Mohamad Oktatian Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Annisa’ Puspaning Ati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Amelia Candra Kusuma Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Sonhaji Pratito Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Galuh Suryo Utomo Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Fitri Icha Masdita Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Dama Laksita Apta Sukaton Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i1.11903

Keywords:

ketahanan pangan, hidroponik, pengembangan skill wirausaha

Abstract

Masa pandemi dirasa memiliki banyak dampak oleh masyarakat Desa Kandangan. Peningkatan beberapa harga komoditas menjadi permasa­lahaan ekonomi rumah tangga, terlebih pendapatan yang diterima tetap sama atau bahkan menurun selama masa pandemi Covid-19. Harga bahan pangan pokok juga beberapa meningkat sehingga memerlukan alternatif oleh masyarakat sendiri untuk mengurangi pengeluaran, salah satunya dapat terwujud melalui penerapan warung hidup dari pekarangan sendiri. Oleh karena itu kegiatan KKN berdasarkan domisili dari Universitas Sebelas Maret memberikan pelatihan mengenai upaya peningkatan ketahanan pangan masyarakat selama Pandemi Covid-19 dengan menerapkan teknik budidaya hidroponik, selain mengurangi pengeluaran juga menjaga kualitas pangan agar kesehatan selama pandemi terjaga. Antusiasme peserta selama keber­jalanan pelatihan penanaman dengan teknik hidroponik sangat baik hingga masyarakat selain peserta juga ikut andil dalam kegiatan pengamatan perkembangan hasil pelatihan. Hasil hidroponik tersebut diharapkan dapat dikonsumsi oleh masyarakat Desa Kandangan sendiri dan dapat dikomersilkan bila hasil produksinya banyak. Untuk mendukung dan memotivasi dalam menjual hasil tersebut, diselenggarakan webinar dengan tujuan out­putnya yakni menambah dan meningkatkan skill wirausaha. Selain ketahanan pangan dari menjaga kualitas pangan, kondisi kesehatan masyarakat Desa Kandangan juga perlu dijaga dengan menambah tingkat kepedulian akan bahaya virus Covid-19. Untuk mengurangi penyebaran virus dan meningkatkan kepedulian masyarakat yang masih tak acuh dengan tidak menerapkan protokol kesehatan, tim pengabdian masyarakat membuat fasilitas alat cuci tangan injak untuk digunakan oleh masyarakat Desa Kandangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2020). Articipatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset.

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Fauzia, A., & Hamdani, F. (2021). Pendekatan Socio-Cultural dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(1), 323–338.

Hirawan, F. B., & Verselita, A. A. (2020). Kebijakan Pangan di Masa Pandemi Covid-19. Csis Commentaries, april(CSIS Commentaries DMRU-048-ID), 1–7.

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 28–35.

MacDonald, C. (2012). Understanding PAR: A Qualitative Research Methodology. Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34–50.

Mardiyah, R. A., & Nurwati, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Peningkatan Angka Pengangguran di Indonesia. Harian Spektrum, 2, 1–11.

Masniadi, R., Angkasa, M. A. Z., Karmeli, E., & Esabella, S. (2020). Telaah Kritis Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Sosial Sciences and Humanities, 1(2), 109–120.

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., Indriyani, N., Safitri, I., Ayu, F. D., Aji, S., Nirmala, E., & Arfiah, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11846

Novita. (2021). Analisis Evaluasi Kebijakan Bantuan Langsung tunai dana desa pada ketahanan pangan di era pandemi. Analisis Evaluasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Pada Ketahanan Pangan Di Era Pandemi, 3(1), 103–111.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Impelementasi pelatihan hidroponik untuk peningkatan kemampuan pendidikan karakter di desa jelutung. AbdiMuh : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–22.

Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053

Prasetiyo, W. H., Wijaya, G. P. A., Rachman, R. F., Amini, M. Z., Wijaya, E. J., Ati, D. L., & Prabowo, A. (2021). Peningkatan Kesadaran Protokol Kesehatan Covid-19 pada Masyarakat Desa Baleharjo, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 91–99. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.12979

Ruswaji, R., & Chodariyanti, L. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Kepada Kelompok Ibu-Ibu Pkk dan Karang Taruna melalui Program Pelatihan “Hidroponik.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(01), 1. https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.32

Saputri, S. A. D., & Rachmawatie, D. (2020). Budidaya Ikan Dalam Ember: Strategi Keluarga Dalam Rangka memperkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 2(1), 102–109.

Thi Nguyen, H.-T. (2020). Communication Skills and Reflection Practice in Smart English Teaching and Learning Environment A Case Study. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(17), 221–237. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v15i17.15235

Uygur, M. (2020). Investigating Stakeholders ’ Views on Technology Integration : The Role of Educational Leadership for Sustainable Inclusive Education. Sustainability, 12.

Downloads

Submitted

2025-07-14

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles