Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan

Authors

  • Indriyani Tri Jayanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aji Nur Cahyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Endang Setyaningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eko Purnomo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ambar Winarti Fakultas Kesehatan dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Klaten
    Indonesia
  • Mawardi Mawardi Fakultas Kesehatan dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Klaten
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i1.11901

Keywords:

karakter religius, pembelajaran agama, pendidikan al-qur’an, penguatan pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan berpengaruh terhadap bidang lainnya. Salah satu fungsi pendidikan yaitu untuk untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk martabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Nurul Yaqin merupakan lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakn pendidikan Al-Qur’an dalam upaya untuk mengoptimalkan penguatan pendidikan karakter di lingkungan Dusun Congol, Desa Jagoan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter anak-anak di Dusun Congol Desa Jagoan melalui beberapa kegiatan yang dilakukan di TPA Nurul Yaqin. Pada penelitian ini, berfokus kepada nilai-nilai pendidikan karakter kejujuran, kesantunan, kerjasama, disiplin, dan berani.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, wawancara, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa TPA Nurul Yaqin memiliki peran penting dalam mengoptimalkan penguatan pendidikan karakter anak-anak melalui pembimbingan, pendampingan, dan pelatihan secara terus menerus serta memberikan nasihat sehingga mampu membentuk nilai karakter kejujuran, kesantunan, kerjasama, kedisiplinan, dan berani. Kegiatan yang dilakukan meliputi memberikan pengajaran bacaan Al-Qur’an secara mendalam, penghafalan surat-surat juz amma, penafsiran ayat Al-Qur’an, serta pembacaan dongeng islami. Selain itu juga diberikan variasi pembelajaran dengan berbasis game.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44–50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1342

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Choirudin, F. M., & Rahmasari, S. N. (2021). Tingkat Cakap Tanggap Peserta Didik dalam Perangkat Google Classroom Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 62-69.

Fahrurrozi, M. (2021). Pengembangan Pendidikan Karakter di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Ittihadil Ummah Karang Anyar Kota Mataram. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 89–99. https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i2.3930

Hariyatmi, H., Prasty, M. O., Andriyani, F., Nugroho, M. A. B. C., Khasanah, N. U., Wahyuni, D. T., ... & Dhamayani, M. E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di MIM Kerten Banyudono, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 50-55.

Juniar, B. B., Radityastuti, E. Y., & Sani, S. (2021). Relasi Antara Orang Tua dan Stakeholder sebagai Faktor Pendukung Pengembangan Kultur Sekolah pada Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Sukabumi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 78-85.

Kemendikbud RI. (2016). Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khotimah, R. P., Putro, D. S., Utomo, G. W., Hidayah, A. F., Astriyanti, N. E., Sari, Y. R., ... & Zakiah, Z. (2020). Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 24-27.

Nugraheni, H. N., Erfina, L., & Fauzi, A. R. (2015). Al-Qur’an sebagai Perantara Penguatan Karakter (Religius, Toleransi dan Disiplin) Mahasiswa FKIP PGSD UMS Angkatan 2012.

Putri, V. E., & Ananda, A. (2018). Pembinaan Karakter Anak Usia Sekolah di Taman Pendidikan AlQur’an (TPA) Koto Kandis Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Civic Education, 1(3). https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.204

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 06(02).

Syafii, M. L., Kusnawan, W., & Syukroni, A. (2020). Penumbuhkembangan Motivasi Guru Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Perdana dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 8(2), 92-103.

Syamsuddin, S., Wiyono, G., Khilmiyah, A., & Muhammad, M. (2017). Revolusi Mental Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Melalui Penerapan Social Emotional Learning (SEL). Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 5(2), 137-149.

Setiardi, D. (2017). KELUARGA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., ... & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70-76.

Sholihah, A. Q. A., Octaviani, F. R., Anif, S., & Sutopo, A. (2021). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran pada Hafalan Doaharian Anak di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar.

Sudaryanti, S. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. CV. Jasmine.

Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735

Minsih, & Wulandari, M. D. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Membentuk Kemandirian Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta. Varia Pendidikan, 24(1), 66–72.

Niswati, F. I., & Sayekti, I. C. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mata Kuliah Microteaching. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.9128

Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Suryawati, A. T., Nuraini, S., Anif, S., Sidiq, Y., Handayani, T., & Septinawati. (2021). Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 194–201. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15715

Downloads

Submitted

2025-07-14

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles