Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i1.11735Keywords:
karakter religius, pembelajaran agama, pendidikan karakter, taman pendidikan Al-Qur'an (TPA)Abstract
Pendidikan karakter sangat penting diberikan untuk anak-anak. Anak usia dini belum memahami akan hal-hal lain, sehingga anak usia dini perlu diberikan bimbingan. Melalui taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) anak-anak dapat membentuk karakter baik, khususnya karakter religius. Taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) mengajarkan mengenai baca tulis Al-Qur’an, setelah itu memberikan materi mengenai nilai-nilai agama, mengajarkan pembiasaan-pembiasaan baik yang dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, agar anak mampu membedakan akan hal baik dan hal buruk. Karakter anak dapat perlahan berubah dengan adanya nilai-nilai agama yang disampaikan melalui lembaga non formal ini. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk membentuk karakter religius anak melalui taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) sejak anak masih usia dini. Penulisan ini menggunakan metode advokasi. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya karakter religius anak-anak di kelurahan Joyotakan yang telah mengikuti taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). Terlihat anak-anak saat mendengar adzan berkumandang mereka bergegas untuk datang ke mushola untuk melaksanakan salat berjamaah. Saat kegiatan taman pendidikan Al-Qur’an (TPA), anak-anak yang baru datang langsung berjabat tangan dengan orang yang lebih tua. Anak-anak sangat suka saat membaca Al-Qur’an. Saat pemberian materi mengenai agama, antusias anak begitu tinggi untuk menjawab pertanyaan dari pengajar taman pendidikan Al-Qur’an (TPA).
Downloads
References
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, (3) 1, 44–50. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/1342/1020
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157–170.
Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696
Billah, A. (2016). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education, I(2), 243–272.
Elihami. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.
Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. JURNAL PAUD Tambusai, 2(2), 8–17.
Khotimah, R. P., Putro, D. S., Utomo, G. W., Hidayah, A. F., Astriyanti, N. E., Sari, Y. R., ... & Zakiah, Z. (2020). Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 24–27.
Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14549
Mansyuriadi, M. I. (2022). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 14–22.
Matta, A. (2006). Membentuk Karakter Cinta Muslim. al-I’tishom Cahaya Umat.
Miftakhuddin, I. (2021). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak Di Sekolah Dasar. Urecol: Seri Pendidikan, 1(1), 207–215.
Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, Fatmawati, Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan Generasi Cerdas dan Berkarakter bagi Masyarakat Tangen Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14668
Nurhidayat, N., Muthali'in, A., Handayani, S., Maryadi, M., Sari, K. N., Al Haniyah, I. W., ... & Andaruningtyas, N. F. (2020). Penanggulangan Bullying dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah PK Bendo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 84–89.
Nurkholidah, N. L. A. & Isnaini, S. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Dalam Pembentukan Karakter Anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 416–420.
Nusyirwan, D., Prayetno, E., Nugraha, S., Nugraha, H. A., Sinaga, L. A., Shafira, A., & Fadillah, M. A. (2021). Pembelajaran Engineering Design Process untuk Memperkenalkan Proses Pembelajaran Abad 21 pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Qur’an. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(2), 143–150. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.10779
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. LN.2003/NO.78, TLN NO.4301, LL Sekretariat Negara.
Pramita, M. (2021). Student Acceptance of E-learning to Improve Learning Independence in the Department of Computer Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE). 4(1), 34–44.
Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/3
Pulungan, S., & Dharmawati, D. (2021). Pembelajaran Tajwid Bagi Anak Berbasis Teknologi Informasi. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 69–76. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9535
Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Metode Iqro’ pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 31–40.
Rohmatunnisa, I. (2016). Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Tarbiyatus Sirojul Athfal dalam Pembinaan Akhlak Anak di Desa Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Skripsi, 28–31.
Romadhan, A. N., & Purwandari, E. (2020). Peran Sanggar Regoling Ma’rifat dalam Penanaman Karakter pada Anak di Era Digital. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 67–79.
Sahlan. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal El-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, 10(2), 139–149.
Sarbaini. (2016). Membangun Karakter Kemanusiaan, Membentuk Kepribadian Bangsa Melalui Pendidikan. UPTMKU (MPK-MBB) Universitas Lambung Mangkurat.
Shabrina, R. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Fun Learning pada Anak Usia Dini di TPA Alif School Bintaro.
Sholihah, A. Q. A., Octaviani, F. R., Anif, S., & Sutopo, A. (2021). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran pada Hafalan Doa Harian Anak di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 41–50.
Sobri. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Internalisasi Nilai-Nilai Moral di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2313–2320.
Subaidi. (2016). Sufisme dan Pengembangan Pendidikan Karakter. Kaukaba Dipantara.
Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., ... & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76.
Teuku, Z. (2004). Advokasi Sosial. Al-Bayan, 1(1), 64.
Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791
Zuhairini. (1995). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara, Cet ke-II Hal 149.






