Peningkatan Pemahaman Pola Asuh melalui Sosialisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Menciptakan Generasi Emas
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i1.11705Keywords:
generasi emas, golden age, keberagaman sosial, pola asuh, tumbuh kembang anakAbstract
Tumbuh Kembang anak atau pertumbuhan dan perkembangan adalah proses alami yang terjadi di kehidupan manusia. Saat ini tumbuh kembang anak haruslah dipantau dan diperhatikan apalagi pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk peningkatan pemahaman pola asuh orang tua melalui sosialisasi yang mendukung terwujudnya generasi emas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan narasumber penduduk Kampung Panggung Rejo yang berusia 30-40 tahun dan berjumlah 2 orang. Data diperoleh mengggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara kepada narasumber. Penelitian ini juga menggunakan studi pustaka untuk menambah wawasan dan informasi yang relevan. Subjek dari pengabdian ini adalah masyarakat Kampung Panggung Rejo kemudian objek dari pengabdian ini yaitu pemahaman pola asuh dalam tumbuh kembang anak usia dini. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pelaksanaan sosialisasi menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh yaitu kegiatan sosialisasi tumbuh kembang anak mendapatkan respon yang baik dari masyarakat terlihat dari antusiasme warga masyarakat cukup tinggi sekitar 70% terhadap kegiatan sosialisasi ini. Acara tersebut dihadiri oleh para kader posyandu menur 23, guru dan kepala sekolah PAUD.
Downloads
References
Andriana, D. (2013). Tumbuh Kembang dan Therapy Bermain pada Anak. Selemba Medika. Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika, 8(1), 50–58. Asmarani, N., Afrizawati, Nurjanah, I., Auva, S. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pola Asuh Orang Tua yang Tepat Sesuai dengan Dominasi Kecerdasan Anak (Pemahaman Kecerdasan Majemuk) di PAUD Al-Yumna Batam. Jurnal Al Tamaddun Batan, 2(1), 1-7. Awanis, A., Amarseto, B., & Diyono, D. (2022). Kompetensi Motorik Anak Usia Dini dengan Prestasi Belajar Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Aisyiyah 5 Semanggi. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 3(2), 73–77. Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233 Fuadi, D., Anif, S., Muliasari, K. C., Rahmawati, T., & Lestari, D. (2021). Pemberdayaan Potensi Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat melalui Community Based Learning bagi Masyarakat Usia Produktif. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.13944 Hariyanto, D., Abror, M., Yani, M., & Dharma, F. A. (2021). Pembudayaan Permainan Tradisional sebagai Wahana Belajar Luar Ruang bagi Anak. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 56–68. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9265 Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627 Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17. Merita. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(2), 83. https://doi.org/10.36565/jak.v1i2.29 Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77. Ngurah, I. D. G., & Utama, M. S. (2018). Peran Modal Sosial, Potensi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat pada Pembangunan Pariwisata berbasis Masyarakat di Kawasan Strategis Pariwisata Lebih. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i06.p06 Ningrum, S. D., & Soeharto, T. N. E. D. (2016). Hubungan pola asuh otoriter orang tua dengan bullying di sekolah pada siswa SMP. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(1). Novianti, R., Febrialismanto, Puspitasari, E., & Hukmi. (2020). Meningkatkan pengetahuan orang tua dalam mendidik anak di era digital di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau. Riau Journal Of Empowerment, 3(3), 183–190. Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720 Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/3 Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Metode Iqro ’ pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 31–40. Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak di Era Digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143. Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Infantia, 4(2), 8. Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). PUSAKA. Saraswati, A., & Muwakhidah, M. (2018). Perkembangan Motorik Antara Balita Usia 7–24 Bulan Asi Eksklusif Dan Non Asi Eksklusif Di Puskesmas Mantingan Kabupaten Ngawi. Jurnal Kesehatan, 11(1), 24–31. Saraswati, A., & Indriyani, Y. (2012). Pola Asuh Anak Pra Sekolah. 2–11. Shobron, S., Rosyadi, I., & Suaidy, M. Z. (2016). Dakwah Bil-HẦl Pesantren Walisongo Ngabar Ponorogo Jawa Timur Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tahun 2013-2014. Profetika: Jurnal Studi Islam, 16(1), 1–24. Slamet, S. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Dan Hafalan Al Quran. Warta Lpm, 24(1), 59–68. Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791 Veryawan, Hasibuan, R. H., Suhelayanti. (2022). Pemahaman Pola Asuh Positif Bagi Anak Usia Dini. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-12. Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardiansyah, J., Noviyanti, H., Nurdeni, R. A., & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 63–69. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10772 Widiasari, C., Almahi, H., Prasetyoningrum, D., Rohmatika, N. L., Sendy, E. N., Satria, Y. L., Permatasari, J. A. N., Grandis, R. T., Astara, A. R., & Kurniawan, M. E. (2020). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 91–96. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10775 Widyastuti, T., & Juni Astuti, R. (2016). Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi. BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.18196/bdr.416






