Penguatan Sektor Ekonomi dan Pendidikan Karakter Siswa pada Era Pandemi

Authors

  • Anam Sutopo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Siti Zuhriyah Ariyatmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tumiyem Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Isnaeni Sofiana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Kusuma Wijayanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro
    Indonesia
  • Choirun Nisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i2.11685

Keywords:

game edukasi, pembelajaran TIK, penguatan pendidikan karakter, peserta didik

Abstract

Hadirnya musibah wabah Covid-19 memaksa semua orang untuk mengubah mindset dalam menyikapi kehidupan ini. Adanya larangan berkumpul orang banyak, bertemu dan bertatap muka secara langsung, menjaga jarak, selalu memakai masker dan mencuci tangan menjadi pertimbangan yang serius bagi setiap orang untuk mengubah cara pandang dan melakukan kegiatan setiap harinya. Hal ini hampir terjadi di semua sektor kehidupan, baik sektor kesehatan, sektor bisnis dan perdagangan, sektor sosial, sektor politik, sektor budaya, sektor perkantoran termasuk pada sektor Pendidikan. Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan strategi penguatan karakter siswa yang dilakukan oleh sekolah-sekolah Muhammadiyah pada Era Pandemi. Pengabdian ini menggunakan metode siaran radio. Radio yang dipilih adalah Radio Mentari PDM Surakarta. Pemilihan Radio Mentari FM Surakarta karena pengabdian ini dilakukan di Sekolah-Sekolah Muhammadiyah, utamanya Sekolah Dasar. Di samping itu, jangkauan Radio Mentari luas dan melalui media Audio yang jernih dan interaktif. Terdapat enam strategi yang digunakan oleh Sekolah Muhammadiyah dalam meningkatkan penguatan karakter siswa pada masa pandemik, yaitu strategi komunikasi komunikatif (communicative communication strategy), strategi pertemuan berkala (periodic meeting strategy), strategi pengiriman pesan khusus (sending special message strategy), strategi masuk bergilir (take turn strategy), strategi kunjungan rumah (home visit strategy) dan strategi pemantauan intensif (intensive monitoring strategy).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwani dan Romdloni. 2021. Pendidikan Karakter Masa Pendemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 5, No. 1 (2021) 1-12 ISSN: 2597-4866

Dali, Gulo. 1982. Psikologi Pedidikan. Bandung: Tonis.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Kurniawan, Wahyu. 2021. Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School. Volume 8 nomor 2 295–302 Juli 2021

Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Widyasari, C., Nursalam, N., Malaya, K. A., Bachtiar, F. Y., ... & Aditama, M. G. (2020). Pemberdayaan Guru dalam Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Surakata pada Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 56-62.

Ratih et al. 2021. Learning Patterns during the Disruptive Situation in Informal Education: Parents’ Efforts and Challenges in the Adjustment of Progressive Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE)| p-ISSN 2655-920x, e-ISSN 2656-2804 Vol. 3 (3) (2021) 180-193. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Desember 2021 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v3i2.15656

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional. http://konselingindonesia.com/index.php?option=com_content&task=view&id=307&Itemid=102

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.

Yahya, Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Downloads

Submitted

2025-07-05

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles