Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i2.11682Keywords:
infografis, literasi, pandemi covid-19, revitalisasiAbstract
Pandemi covid-19 menimbulkan dampak terhadap budaya literasi di SMK Sukawati Gemolong menjadi terganggu bahkan terhenti. Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta melaksanakan kegiatan KKN yang bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya literasi di SMK Sukawati Gemolong yang terhenti akibat pandemi covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-Dik UMS di SMK Sukawati Gemolong pada 1 Februari hingga 5 Maret 2021. Metode yang digunakan ialah metode difusi iptek yang dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap observasi dan pengembangan solusi. Hasil kegiatan ini berupa informasi bentuk infografis yang paling diminati siswa yaitu infografis yang berwarna nyentrik dan disertai dengan gambar. Siswa juga paling minat dengan bentuk font yang beragam dan memasukkan teks berupa poin dengan jelas dan singkat. Berdasarkan analisis terhadap kegiatan KKN ini, infografis dapat menghidupkan kembali budaya literasi siswa di SMK Sukawati Gemolong. Bentuk infografis Budaya literasi perlu terus dilestarikan karena dengan begitu informasi dan pengetahuan siswa akan semakin luas dan informasi maupun pengetahuan yang diperoleh tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat.
Downloads
References
Adyana, Sunanda, dkk. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Jurnal Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68. doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11842
Ariefika, L. (2018). Konsep Dan Penggunaan Warna Dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(1), 10-19. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837
Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di Daerah 3T (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, 12(1), 57-64. http://dx.doi.org/10.31258/jp.12.1.57-64
Dewi, Rany Puspita dan Arnandi, Wendi. (2019). Peningkatan Produktivitas Peternak Itik melalui Penerapan Mesin Penetas Telur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 193-196.
Ella A., Andy F. W., & Siswidiyanto. (2015). Revitalisasi Pasar Tradisional dalam Perspektif Good Governance (Studi di Pasar Tumpang Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 758-762.
Farid A., & Hamidullah I. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
Febrianto Saptodewo. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1(3), 163-218. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563
Herliani, dkk. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 277-283.
Ishartono, N., Alfian, I. A., & Firdaus, N. (2016). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Untuk Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Sukoharjo (Training on the Use of Geogebra Software in Three Dimensional Space Building Materials for Muhammadiyah Mid). The 4th University Research Coloquium 2016, 264–270. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/7705
Machromah, I. U., Ishartono, N., Mirandhani, A., Muhroji, Samsudin, M., Basry, W., & Ernitasari. (2021). PISA Problems Solving of Students with a Visual Learning Styles. Journal of Physics: Conference Series, 1720, 012010. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012010
Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. 4(1), 37–48. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/443
Maria, R. T., Adeline L. L., & Kristofel, B. N. Pemanfaatan Infografis Dalam Gerakan Literasi Sekolah di SMK Katolik Kefamenanu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 85-91. DOI: https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.555
Riyanti H. P., & Ferry D. (2019). Infografis sebagai Pendukung Berita In-depth dalam Situs Tirto.id. Jurnal MediaTor, 12(1), 35-45. doi: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4484
Saputra, Sandi Jaya. (2018). Pentingnya Literasi Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 254-258.
Shavab, O. A. K. (2020). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo pada Pembelajaran Sejarah. Vol. 14, N, hlm. 142-152. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142
Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.
Suprayitno, Totok. (2018). Urgensi Literasi Moral dalam Arus Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Nasional, 2018.
Umami, M. R., Budi, S., & Ashadi. (2016). Pengaruh Media Infografis Dan Poster Pada Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Prestasi Semester Gasal SMA Negeri Gondangrejo. 5(3), 9–17. https://www.neliti.com/id/publications/124491/
Wingard, A., Hermawan, H., & Dewi, V. (2020). The Effects of Students’ Perception of the School Environment and Students’ Enjoyment in Reading towards Reading Achievement of 4th Grades Students in Hong Kong. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 68-74. doi: https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9350
Wenny, F. S., dkk. (2019). Peran Infografis Sebagai Penunjang Dalam Proses Pembelajaran Siswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 55-62.
Yogiswari, Krisna Sukma. (2019). Hoax di Era Post-Truth dan Pentingnya Literasi Media. Seminar Nasional Filsafat (SENAFI) I, 173.






