Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi

Authors

  • Fitri Wahyu Ningrum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Awalia Nurheni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Siti Aulia Umami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Main Sufanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rohmadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i2.11682

Keywords:

infografis, literasi, pandemi covid-19, revitalisasi

Abstract

Pandemi covid-19 menimbulkan dampak terhadap budaya literasi di SMK Sukawati Gemolong menjadi terganggu bahkan terhenti. Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta melaksanakan kegiatan KKN yang bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya literasi di SMK Sukawati Gemolong yang terhenti akibat pandemi covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-Dik UMS di SMK Sukawati Gemolong pada 1 Februari hingga 5 Maret 2021. Metode yang digunakan ialah metode difusi iptek yang dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap observasi dan pengembangan solusi. Hasil kegiatan ini berupa informasi bentuk infografis yang paling diminati siswa yaitu infografis yang berwarna nyentrik dan disertai dengan gambar. Siswa juga paling minat dengan bentuk font yang beragam dan memasukkan teks berupa poin dengan jelas dan singkat. Berdasarkan analisis terhadap kegiatan KKN ini, infografis dapat menghidupkan kembali budaya literasi siswa di SMK Sukawati Gemolong. Bentuk infografis Budaya literasi perlu terus dilestarikan karena dengan begitu informasi dan pengetahuan siswa akan semakin luas dan informasi maupun pengetahuan yang diperoleh tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyana, Sunanda, dkk. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Jurnal Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68. doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11842

Ariefika, L. (2018). Konsep Dan Penggunaan Warna Dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(1), 10-19. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di Daerah 3T (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, 12(1), 57-64. http://dx.doi.org/10.31258/jp.12.1.57-64

Dewi, Rany Puspita dan Arnandi, Wendi. (2019). Peningkatan Produktivitas Peternak Itik melalui Penerapan Mesin Penetas Telur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 193-196.

Ella A., Andy F. W., & Siswidiyanto. (2015). Revitalisasi Pasar Tradisional dalam Perspektif Good Governance (Studi di Pasar Tumpang Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 758-762.

Farid A., & Hamidullah I. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.

Febrianto Saptodewo. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1(3), 163-218. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563

Herliani, dkk. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 277-283.

Ishartono, N., Alfian, I. A., & Firdaus, N. (2016). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Untuk Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Sukoharjo (Training on the Use of Geogebra Software in Three Dimensional Space Building Materials for Muhammadiyah Mid). The 4th University Research Coloquium 2016, 264–270. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/7705

Machromah, I. U., Ishartono, N., Mirandhani, A., Muhroji, Samsudin, M., Basry, W., & Ernitasari. (2021). PISA Problems Solving of Students with a Visual Learning Styles. Journal of Physics: Conference Series, 1720, 012010. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012010

Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. 4(1), 37–48. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/443

Maria, R. T., Adeline L. L., & Kristofel, B. N. Pemanfaatan Infografis Dalam Gerakan Literasi Sekolah di SMK Katolik Kefamenanu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 85-91. DOI: https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.555

Riyanti H. P., & Ferry D. (2019). Infografis sebagai Pendukung Berita In-depth dalam Situs Tirto.id. Jurnal MediaTor, 12(1), 35-45. doi: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4484

Saputra, Sandi Jaya. (2018). Pentingnya Literasi Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 254-258.

Shavab, O. A. K. (2020). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo pada Pembelajaran Sejarah. Vol. 14, N, hlm. 142-152. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.

Suprayitno, Totok. (2018). Urgensi Literasi Moral dalam Arus Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Nasional, 2018.

Umami, M. R., Budi, S., & Ashadi. (2016). Pengaruh Media Infografis Dan Poster Pada Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Prestasi Semester Gasal SMA Negeri Gondangrejo. 5(3), 9–17. https://www.neliti.com/id/publications/124491/

Wingard, A., Hermawan, H., & Dewi, V. (2020). The Effects of Students’ Perception of the School Environment and Students’ Enjoyment in Reading towards Reading Achievement of 4th Grades Students in Hong Kong. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 68-74. doi: https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9350

Wenny, F. S., dkk. (2019). Peran Infografis Sebagai Penunjang Dalam Proses Pembelajaran Siswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 55-62.

Yogiswari, Krisna Sukma. (2019). Hoax di Era Post-Truth dan Pentingnya Literasi Media. Seminar Nasional Filsafat (SENAFI) I, 173.

Downloads

Submitted

2025-07-05

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles