Pengembangan Sistem Klasifikasi Kepustakaan dengan Dewey Decimal Classification (DDC)

Authors

  • Diah Bekti Anggraeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Widyastuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fitri Puji Rahmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Madya Giri Aditama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Batang
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i2.11671

Keywords:

bahan pustaka, dewey decimal classification, kepustakaan, sistem klasifikasi

Abstract

Perpustakaan suatu sekolah menjadi salah satu tolak ukur suatu sekolah dikatakan maju atau tidak. Perpustakaan yang ideal ialah yang memiliki ruang perpustakaan nyaman, bahan pustaka yang lengkap, serta pustakawan yang melakukan pelayanan secara COMFORT. SD Negeri 1 Gemawang berada di Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri mempunyai koleksi pustaka yang memadai, akan tetapi sistem administratif perpustakaan serta belum adanya sumber manusianya sebagai pustakawan. Perpustakaan di SD Negeri 1 Gemawang telah mendapatkan bahan pustaka baru dari Dinas Pendidikan yang belum ditata dan dilakukan pengadminitrasian. Pembuatan kategorisasi bahan pustaka yang dilakukan di perpustakaan SD Negeri 1 Gemawang menggunakan sistem klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC). Mengklasifikasi bahan pustaka dengan menggunakan sistem klasifikasi DDC terdiri dari nomor klasifikasi, lalu diikuti 3 huruf awal nama pengarang kemudian satu huruf kecil dari judul buku. Penyusunan buku harus sistematis. Penyusunan pertama dimulai dari nomor klasifikasi, dimulai dari nomor klasifikasi terkecil dari bahan pustaka di perpustakaan hingga ke terbesar, kemudian menurut abjad dari tiga huruf awal pengarang, dan menurut abjad terkecil dari huruf pertama judul. Dengan adanya pembuatan kategorisasi bahan pustaka menurut DDC memberikan kemudahan bagi pustakawan dalam temu kembali koleksi. Selain itu, diharapkan dapat menumbuhkan minat baca para siswa-siswi dan menjadikan SD Negeri 1 Gemawang sekolah yang semakin maju dan berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., ... & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97-105.

Budiywono, E. (2015). Manfaat Penataan Ruang Di Perpustakaan Al Irfan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Eko Budiywono Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 127–140.

Darmawan, E., & Suparman, S. (2019). Design of Mathematics Learning Media based on Discovery Learning to Improve Problem Solving Ability. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 20-28. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.7564

Hastari, N., Rusmono, D., & Suhardini, D. (2015). Hubungan Persepsi Pemustaka Tentang Sistem Klasifikasi Dewey. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Desember 2021 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v3i2.15734 Pengembangan Sistem Klasifikasi Kepustakaan dengan Dewey Decimal Classification…(152-160) 160 Decimal Classification (Ddc) Dengan Pemanfaatan Sistem Telusur Elektronik Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 78–88.

Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. Jurnal Perpustakaan, 2018 9(1): 21-32

Pustakawan, K., Mengklasifikasi, D., Pustaka, B., Menggunakan, D., Soppeng, K., Putri, S. R. I. E. K. A., Adab, F., Humaniora, D. A. N., Islam, U., & Alauddin, N. (2017). Keterampilan pustakawan dalam mengklasifikasi bahan pustaka dengan menggunakan Ddc.

Safaruddin, M., Golung, A. M., & Harindah, S. (2016). Kajian Pentingnya Penataan Koleksi Untuk Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan Smk Negeri 1 Manado. E-Journal “Acta Diurna,” V(1), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/90253-ID-kajian-pentingnya-penataan-koleksi-untuk.pdf

Saputro, B. I. (2017). Penerapan Sistem Klasifikasi Perpustakaan Arkeologi di Perpustakaan Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(2), 107. https://doi.org/10.22146/bip.23453

Subroto, G. (2009). Klasifikasi bahan pustaka. Pustakawan Perpustakaan UM, 1–13.

Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Analisis Penerapan Sistem Klasifikasi Ddc Dalam Pengolahan Pustaka. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 63-80. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1669

Watthananon, J. “The relationship of text categorization using Dewey Decimal Classification techniques,” Int. Conf. ICT Knowl. Eng., Vol. 2015-Januari, No. January, pp. 72–77.

Mulyani, E., Muhamad, F. P. B., Cahyanto, K. A. (2015). Pengaruh N-Gram terhadap Klasifikasi Buku Menggunakan Ekstraksi dan Seleksi Fitur pada Multinomial Naïve Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma 5(1), Januari 2021, 264-272. https://ejurnal.stmikbudidarma.ac.id/index.php/mib DOI 10.30865/mib.v5i1.2672

Downloads

Submitted

2025-07-04

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles