Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi

Authors

  • Kani Rahmawanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Sundari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sutama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Naufal Ishartono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mohammad Waluyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ilham Sunaryo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aditya Nur Cahyo Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Aisyiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i2.11668

Keywords:

kartu perkalian, media pembelajaran, masa pandemi

Abstract

Pengabdian ini mengembangkan media belajar berupa kartu angka dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam menghafalkan perkalian menggunakan bantuan media tersebut. Metode pelaksanaan ini menggunakan metode advokasi yaitu sebuah usaha untuk menciptakan (to create) yang baru atau yang belum ada dalam konsep kebijakan publik. Kegiatan pendampingan belajar menggunakan kartu angka dilaksanakan selama satu bulan bertempat di Dusun Gurjugan, Kupang, Karangdowo, Klaten. Analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan hasil peningkatan hafalan perkalian oleh peserta didik. Penggunaan media kartu angka sangatlah efeftif diterapkan pada mata pelajaran matematika khususnya dalam meningkatkan hafalan perkalian. Respon yang diberikan peserta didik saat melakukan pembelajaran menggunakan media kartu angka ini cukup positif, peserta didik tampak aktif, antusias.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acharya, B. R. (2017). Factors affecting difficulties in learning mathematics by mathematics learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8–15.

Adam, S. & M. T. S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Dlalam CBIS Journal, 3(No 2:79).

Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691

Bencana, B. N. . (2020). Gugus Tugas Perepatan Penanganan Covid-19.

Detikcom, T. (2020). Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Corona di RI Tambah 3.308 Per 29 Agustus. Detik.Com, hal. 1.

Firdausy, A., Setyaningsih, N., Ishabu, L., & Waluyo, M. (2019). The Contribution of Student Activity and Learning Facilities to Learning Independency and it’s Impact on Mathematics Learning Outcomes in Junior High School. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 29–37. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8104

Greene, G. (1992). Multiplication Facts: Memorization Made Easy. e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Desember 2021 doi: 10.23917/bkkndik.v3i2.15697. Http://Dx.Doi.Org/10.1177/105345129202700304, 27(3), 150–154. https://doi.org/10.1177/105345129202700304

Hickendorff, M., Torbeyns, J., & Verschaffel, L. (2019). Multi-digit addition, subtraction, multiplication, and division strategies. In International handbook of mathematical learning difficulties (pp. 543–560). Springer.

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Kompas.Com, hal. 1.

Ishartono, N., & Nurcahyo, A. (2018). Studi Kasus Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powerpoint Karya Mahasiswa Semester 6 Prodi Pendidikan Matematika Ums. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 141. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6624

Kemensesneg RI. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (Vol. 21). https://doi.org/10.4324/9780367802820

Kromminga, K. R., & Codding, R. S. (2020). A comparison of 1:1 flashcards and a tablet app on student mathematics proficiency. Journal of Behavioral Education, 1–26.

Makarim, N. A. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62–71.

Nunes, T., & Csapó, B. (2011). Developing and assessing mathematical reasoning. In Framework for diagnostic assessment of science (pp. 17–56).

Nurcahyo, A., Ishartono, N., Faiziyah, N., Utami, N. S., Sari, C. K., & Aryuana, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Terintegrasi Google Classroom Bagi Guru-Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah Kabupaten Klaten. Proceeding of The URECOL, 50–57.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Prawono, P. (2010). Panduan Praktis Advokasi Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Penerbit Pusaka Indonesia.

Reafani, S. L., Fatmawati, F., & Irdamurni, I. (2018). Media Puzzel Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 13–18.

Rhymer, K. N., Dittmer, K. I., Skinner, C. H., & Jackson, B. (2000). Effectiveness of a multi-component treatment for improving mathematics fluency. School Psychology Quarterly, 15(1), 40.

Skarr, A., Zielinski, K., Ruwe, K., Sharp, H., Williams, R. L., & McLaughlin, T. F. (2014). The Effects of Direct Instruction Flashcard and Math Racetrack Procedures on Mastery of Basic Multiplication Facts by Three Elementary School Students. Education and Treatment of Children, 37(1), 77–93. https://doi.org/10.1353/ETC.2014.0007

Buletin KKN Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Desember 2021 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v3i2.15697 Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa…(135–143)

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 77–91.

Toyib, M., & Ishartono, N. (2018). An Analysis of the Possibility of Origami Implementation in Mathematics Learning Process in Indonesia. 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 146–151.

Vergnaud, G. (1983). Multiplicative structures. In R. L. and M. Landau (Ed.), Acquisition of Mathematics Concepts and Processes. Academic Press.

Waris, A., Atta, U. K., Ali, M., Asmat, A., & Baset, A. (2020). COVID-19 outbreak: current scenario of Pakistan. New Microbes and New Infections, 35, 100681.

Wulandari, P. D., Wirya, N., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2014). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Downloads

Submitted

2025-07-04

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles