Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar

Authors

  • Jeni Nur Cahyati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Febri Setiani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Suharyanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Susiati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Husna Imro’atush Sholiha Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Blora
    Indonesia
  • Giyoto Fakultas Adab dan Bahasa, Universitas Raden Mas Said Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i2.11643

Keywords:

four day four places, kelompok belajar, materi ajar, metode interaktif

Abstract

Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai 6 Mareet 2021. Salah satu program yang diusung ialah pemberdayaan kelompok belajar untuk kelas 6. Pemberdayaan kelompok belajar home visit dengan sistem four day four places. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman materi kelas 6, khususnya Tematik dan Matematika. Strategi kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi karakateristik siswa di setiap kelompok belajar, penerapan sistem four day four places dengan dua tempat dalam satu hari, dan pendampingan kelompok belajar siswa dengan metode interaktif. Hasil kelompok belajar dengan four day four places dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Penggunaan metode number heads together untuk Tematik, membuat siswa aktif dan berani mengutarakan pendapat. Metode cerdas cermat untuk Matematika, efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berhitung, karena terdapat aspek kompetensi di dalamnya. Kegiatan kelompok belajar sistem four day four places dengan penggunaan metode interaktif penting untuk ditindaklanjuti karena efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristoteles, Aristoteles., Efendi, N. Febriansyah, F. E., Lukito, W., & Firmansyah. (2018). Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Android Universitas Lampung. Jurnal Komputasi, 6(2), 1-10. doi:10.23960%2Fkomputasi.v6i2.1655

Djamdjuri, D., Simorangkir, S., & Wulandari, D. (2018). Memberdayakan Keilmuan dan Kreatifitas Sumber Daya Manusia Disertai Pemahaman akan Pentingnya Menjaga Lingkungan. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.32832/abdidos.v2i3.184

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105-117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9

Leasa, M., Talakua, M., & Batlolona, J. R. (2016). The development of a thematic module based on Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model for elementary students in Ambon, Moluccas-Indonesia. New Educational Review, 46(4), 174-185

Mokhtar, N. H., Halim, M. F. A., & Kamarulzaman, S. Z. S. (2011). The effectiveness of storytelling in enhancing communicative skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 18, 163-169

Nasution, Mardiah Kalsum. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 9-16, mar. 2018. ISSN 1978-8169. Available at: http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Nurtani, Ni Wayan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Home Visit Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Masa Covid 19 Pada Kelas II SD Negeri Bumiraharjo, Lampung Tengah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3o). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/840

Partono, P. (2020). Efektivitas Metode Cerdas Cermat Cepat dan Tepat (C3T) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fikih. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 478-487. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.239

Permata Sari, N., & Juniarti, Y. (2019). Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 107-113. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.838

Prayitno, Joko Harun., dkk. (2018). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) Edisi III. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Ratih, K., Syah, M., Nurhidayat, N., Jarin, S., & Buckworth, J. (2021). Learning Patterns during the Disruptive Situation in Informal Education: Parents’ Efforts and Challenges in the Adjustment of Progressive Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(3), 180-193. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i3.15151

Suprapti, S., & Indrati, E. (2018). Belajar Kelompok Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 48. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2193

Syah, M. F. J., Amalia, N., Utami, S. B., Astuti, N. D., & Rohmadi, M. (2021). Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 45-53

Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Transmisi Covid 19 Melalui Program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266-274. doi:10.30994/jceh.v3i2.78

Uno, H., & Yustianti, F. (2007). Profesi kependidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Downloads

Submitted

2025-07-04

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles