Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i2.11643Keywords:
four day four places, kelompok belajar, materi ajar, metode interaktifAbstract
Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai 6 Mareet 2021. Salah satu program yang diusung ialah pemberdayaan kelompok belajar untuk kelas 6. Pemberdayaan kelompok belajar home visit dengan sistem four day four places. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman materi kelas 6, khususnya Tematik dan Matematika. Strategi kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi karakateristik siswa di setiap kelompok belajar, penerapan sistem four day four places dengan dua tempat dalam satu hari, dan pendampingan kelompok belajar siswa dengan metode interaktif. Hasil kelompok belajar dengan four day four places dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Penggunaan metode number heads together untuk Tematik, membuat siswa aktif dan berani mengutarakan pendapat. Metode cerdas cermat untuk Matematika, efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berhitung, karena terdapat aspek kompetensi di dalamnya. Kegiatan kelompok belajar sistem four day four places dengan penggunaan metode interaktif penting untuk ditindaklanjuti karena efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa.
Downloads
References
Aristoteles, Aristoteles., Efendi, N. Febriansyah, F. E., Lukito, W., & Firmansyah. (2018). Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Android Universitas Lampung. Jurnal Komputasi, 6(2), 1-10. doi:10.23960%2Fkomputasi.v6i2.1655
Djamdjuri, D., Simorangkir, S., & Wulandari, D. (2018). Memberdayakan Keilmuan dan Kreatifitas Sumber Daya Manusia Disertai Pemahaman akan Pentingnya Menjaga Lingkungan. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.32832/abdidos.v2i3.184
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105-117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9
Leasa, M., Talakua, M., & Batlolona, J. R. (2016). The development of a thematic module based on Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model for elementary students in Ambon, Moluccas-Indonesia. New Educational Review, 46(4), 174-185
Mokhtar, N. H., Halim, M. F. A., & Kamarulzaman, S. Z. S. (2011). The effectiveness of storytelling in enhancing communicative skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 18, 163-169
Nasution, Mardiah Kalsum. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 9-16, mar. 2018. ISSN 1978-8169. Available at: http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Nurtani, Ni Wayan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Home Visit Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Masa Covid 19 Pada Kelas II SD Negeri Bumiraharjo, Lampung Tengah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3o). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/840
Partono, P. (2020). Efektivitas Metode Cerdas Cermat Cepat dan Tepat (C3T) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fikih. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 478-487. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.239
Permata Sari, N., & Juniarti, Y. (2019). Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 107-113. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.838
Prayitno, Joko Harun., dkk. (2018). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) Edisi III. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Ratih, K., Syah, M., Nurhidayat, N., Jarin, S., & Buckworth, J. (2021). Learning Patterns during the Disruptive Situation in Informal Education: Parents’ Efforts and Challenges in the Adjustment of Progressive Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(3), 180-193. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i3.15151
Suprapti, S., & Indrati, E. (2018). Belajar Kelompok Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 48. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2193
Syah, M. F. J., Amalia, N., Utami, S. B., Astuti, N. D., & Rohmadi, M. (2021). Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 45-53
Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Transmisi Covid 19 Melalui Program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266-274. doi:10.30994/jceh.v3i2.78
Uno, H., & Yustianti, F. (2007). Profesi kependidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara






