Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan

Authors

  • Yunita Mandasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ahmad Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Blora
    Indonesia
  • Nanda Yulianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Main Sufanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Laili Etika Rahmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i1.11622

Keywords:

karakter profetik, taman pendidikan Al-Qur'an

Abstract

Pengabdian masyarakat inimerupakan salah satukegiatan yang dapat memberikan peluang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terutama peningkatan karakter profetik melalui kegiatan optimalisasi peran Taman Pendidikan Al-Quran. Pengabdian inidilaksanakan di Desa Sumberjatipohon, Rt 04/Rw 01 Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan sejak 01 Februarisampai 06 Maret 2021. Pengabdian ini dapatterlaksana dengan baik karenadidukung oleh masyarakat sekitar. Adapun tujuan dari pengabdianini adalah optimalisasikarakter profetik yang didapatkan anak-anak Desa Sumberjatipohon melalui beberapa kegiatan pada Taman Pendidikan Al-Quran. Metode yang digunakan da-lam pengabdianini adalah pendampingan secara langsung, seperti kegiatan belajar Iqra, membaca Al-Quran, menyaksikan tayangan yang memiliki nilai edukasi, danbimbingan belajar. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah penguatan karakter profetik pada anak setelah intensif mengikuti kegiatan di Taman Pendidikan Al-Quran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hakim, R. R. (2021). Pencegahan penularan Covid-19 berbasis aplikasi Android sebagai implementasi kegiatan KKN tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7-13.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Citradin, Yudin. (2008). Profesi Guru. Mataram.

Erniasih, U., Pramono, S. E., & Atno, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Edukasi dan Media Video Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 12 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 162-171.

Gramsci, Antonio. (1999). Selection From The Prison Notebooks. London: The Electric Book Company.

Hamdani, M. (2018). Penerapan Metode Membaca Alquran Pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan.

Istiyanto, S. B. (2016). Telepon Genggam Dan Perubahan Sosial Studi Kasus Dampak Negative Media Komunikasi Dan Informatika Bagi Anak-Anak Di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 58-63.

Kemendikbud, P. W. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. dalam laman https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatanpendidikankarakter-jadi-pintu-masukpembenahan-pendidikan-nasional diunduh tanggal, 25.

Kemendiknas RI [Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia]. (2010b). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter: Pedoman untuk Sekolah. Jakarta: Kemendiknas RI.

Komalasari, Kokom & Didin Saripudin. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kusnoto, Yuver. (2017). “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan” dalam SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2).

Nasution. (2000). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: Penerbit STAIN.

Prasetyowati, R. A., & Anwar, I. N. (2019). Pentingnya pendidikan karakter pada anak di desa gunung sari. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 279-286.

Pulungan, S., & Dharmawati. (2021). Pembelajaran Tajwid bagi Anak Berbasis Teknologi Informasi. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 69–76.

Qamari, I. N., & Suryono, L. J. (2017). Peningkatan Kualitas Layanan dan Tata Kelola Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 5(2), 126–136.

Ratih, K., Srijono, D., Laksono, G. Y., Fitriyani, F., Hasanah, A. U., Farida, K., … Isp, D. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 75–78. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10793

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., & Febriani, D. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770

Roqib, M. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Profetik. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).

Rosita, Lita Rara. (2018). Perancangan Sistem Laporan Akuntansi Laporan Keuangan Standar PSAK 45-s. Accounting Information System and Information Technology Business Enterprise, 3(1), 262-274. (P-ISSN: 2252-9853). Diakses online melalui https://search.unikom.ac.id/index.php/aisthebest/article/view/1817/1209 pada 3 Maret 2020 Pukul 19.20.

Samani, Muchlas & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, A. N., Djuaini, D., & Qadafi, M. (2020). Implementasi Metode Iqro’dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Siswa RA Perwanida II Mataram. Islamic EduKids, 2(02), 14-26.

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.

Soedarsono, Soemarmo. (2009). Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.

Weil, R., & Mudrik, L. (2020). Detecting Falsehood Relies on Mismatch Detection Between Sentence Components. Cognition, 195(October 2019), 104121. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2019.104121

Zainal, Aqib. (2011). Pendidikan Karakter: Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Submitted

2025-07-03

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles