Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah

Authors

  • Nurhidayat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Katoningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ratnasari Dwi Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Windri Maryana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Naufal Ishartono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yasir Sidiq Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dwega Irfadhila Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i1.11607

Keywords:

pembelajaran daring, media audio visual, pembelajaran IPA

Abstract

Mitra dalam pengabdian ini adalah masyarakat, namun terfokus pada edukasi berupa bimbingan belajar untuk siswa Sekolah Dasar di daerah Karang Anyar RT 05, Karang Anyar, Plupuh, Sragen. Metode pelaksa-naan pengabdian ini diawali dengan mengadakan sosialisasikepada orang tua siswa melalui kelompok kecil. untuk menyampaikan informasi mengenai adanya kegiatan bimbingan belajar. Selalin itu juga kami memberi gambaran mengenai konsep orangtua dalam mendampingianak ketika pembelajaran daring. Dalam pelaksanaannyabimbingan belajar dilakukan setiap hari mulai jam 09.00-11.00 WIB. Diikuti oleh dua belas siswa, yang terdiri dari tujuh siswa laki-laki dan lima siswa per-empuan. Bertepat di Masjid Baiturrahim. Prosesbelajar sebelum adanya “bimbingan belajar” terkesan monoton dan siswa kurang memahami materi karena tidak adanya tempat bertanya dan praktik. Namun dengan adanya bimbingan belajar yang memanfaatkan media audiovisual ini siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan kembali aktif bertan-ya tidak monoton dengan cara belajar sebelum mengikuti bimbingan belajar ini.Hal ini menunjukkan pentingnya pemberian pengalaman pada siswa pada saat proses pembelajaran. Pentingnya pengabdian ini dilaksanakan sebagai upaya membantu orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran siswa dan sebagai fasilitator siswa dalam memban-tu siswa memahami materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasisi Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CIBS, 3(2), 79.

Amaliyah. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 1(2).

Dahlelawati. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Cooperative Script Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sungai Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1)(2614–3097), 286.

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6, 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097

Hana, R. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Skripsi.

Irawan, L., Sumarmi, S., Bachri, S., Sari, A., Wahyudi, A., Ayuni, I., Lailunnahar, S., & Dirgantara, S. (2019). Constructing Volcanic Hazard Video Toward Student Comprehension of Kelud Volcano Disaster Prone Area And Its Environment Characteristics. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 273, 012032. https://doi.org/10.1088/1755-1315/273/1/012032

Koto, I. (2020). Teaching and Learning Science Using YouTube Videos and Discovery Learning in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 7, 106–118. https://doi.org/10.17509/mimbarsd.v7i1.22504

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education And Literature, 99–110.

Lestari, Y., Rohiat, R., & Anggraini, D. (2017). Pengaruh Penataan Tempat Duduk terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD N 20 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10, 61–65. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.61-65

Nugroho, D., & Muhtadi, A. (2020). Engaging Elementary Student in Learning Science Using Video to Improve Learning Outcome. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200521.035

Rahardjo, S. A. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Rohmanurmeta, F., & Farozin, M. (2016). Pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10691

Wildan, B. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Manusia Kelas V SD N Tingkir Lor 01. Skripsi.

Yusuf, M., Amin, M., & Nugrahaningsih, N. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material in senior high school. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3, 254. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4744

Downloads

Submitted

2025-07-03

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles