Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i1.11604Keywords:
e-book, belajar mandiri, buku digital, physical distancingAbstract
Adanyapemanfaatan teknologi dalammedia pembelajaran terutama penggunaanbuku digital (e-book) melalui perantara komputer, laptop atau smartphone. Pemanfaatan teknologi yang dipublikasikan dalam ben-tuk digital digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar serta meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19dengan menampilkan informasi berupa teks, gambar, audio, video, animasi, nara-si, musik, serta multimedia lainnya. Permasalahan yang akan dihadapi adalah seberapa siapkah siswa tingkat sekolah dasar menggunakan e-book dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi kemudahan siswa dalam belajar, meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media e-bookdan mengetahui umpan baliksiswa terhadapbuku digital. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Research Apraisal(PRA) dengan bimbingan secara lang-sung kepada siswa. Adapun hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah secara tidak langsung penggunaan e-bookbagi siswa kelas VI SD N 2 Mlati Kidul tersebut dapat membantu siswa agar lebih mudah mengakses materipembelajarandanmempelajari kembali materi pem-belajarankapan saja dan dimana saja menggunakan e-book. Siswa tingkat SD menjadi lebih semangat belajar secara mandiri dengan adanya e-book yang sifatnya praktis dan mudah dibawa kemana saja pada masa pandemi Covid-19 ini.
Downloads
References
Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.
Chyr, W., Shen, P., Chiang, Y., Lin, J., & Tsai, C. (2017). Exploring the Effects of Daring Academic Help-Seeking and Flipped Learning on Improving Students’ Learning. Educational Technology & Society, 20(3), 11–23.
Djam’am Satori dan Asep Irawan. (2013). Pengaruh Regulasi, Pembiayaan dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Manajemen Sarana Prasarana Sekolah, dan Dampaknya Terhadap Efektivitas Pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama se Kota Sukabumi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 27-39.
Elain, B., Johnson. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.
Fathurrahman, Arif., dkk. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.
Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.
Ghullam Hamdu and Lisa Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Hasanah, dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.
Prabowo, A. & Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 2(2), 1-9.
Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30-34.
Qhadafi, Muammar Reza. (2020). “Serba-serbi Kekurangan dalam Proses Pembelajaran Daring”, https://guruberbagi.kemdikbud.go.id, diakses pada 20 Februari 2021 pukul 12.00.
Shearer, R. (2003). Instructional Design in Distance Education: An Overview, Dalam: M. G. Moore & W. G. Anderson (Editors). Handbook of Distance Education. pp 275-286. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.
Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research. Volume 5–Issue 2, 71-75.
Sukmawati, R., Pramita, M., Purba, H., & Utami, B. (2020). The Use of Blended Cooperative Learning Model in Introduction to Digital Systems Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 75-81. doi: https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9263
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Wisaksono, A., Masruchin, M., Purwanti, Y., & Nurbaya, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Belajar Berbasis Web Era Covid-19. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 8(2), 104-114. doi: https://doi.org/10.18196/bdr.8282






