Pemberdayaan Potensi Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat melalui Community Based Learning bagi Masyarakat Usia Produktif

Authors

  • Djalal Fuadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sofyan Anif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Kharina Cahya Muliasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tuti Rahmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dian Lestari Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Weni Hastuti Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i1.11589

Keywords:

pemberdayaan, potensi ekonomi, ccommunity based learning, kesehatan masyarakat

Abstract

Kegiatan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat melalui produk kreatif, peningkatan pemahaman agama me-lalui peningakatan kemampuan membaca Al Quran, dan peningkatan kesehatan masyarakat melalui senam sehat. Kegiatan ini dilaksanakan di DukuhJetakRT 13/ RW 03, Banyudono, Boyolalidengan mitra terdiri dari masyarakat usia produktifdan anak-anak. Metodepengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan community based learning(CBL) untuk memberdayakan masyarakat di ketiga aspek tersebut. Hasil pengabdian initerdiri dari tiga bagian. Pertama, pembedayaan ekonomi, hasil pengabdian menunjukkan masyarakat di dukuh tersebut mampu menghasilkan keripik usus yang dapat digunakan potensi desa untuk mengembangkan perekeonomian masyarkat. Masyarakat mampu me-ngembangkan produk usus menjadi lebih kreatif. Kedua, peningkatankemampuananak-anak dalammembaca Alquran naik. Dengan pendeka-tan CBL, anak-anak terlihat lebih menikmati kegiatan mengaji. Selanjut-nya, melalui kegiatansenam sehat, masyarakat memiliki kebugaran yang lebih baik. Seluruh kegiatan tersebut membantu masyarakat untuk mam-pu bertahan di tengah pandemicovid-19 di segala aspek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hariyatmi, H., Prasty, M. O., Andriyani, F., Nugroho, M. A. B. C., Ma’rifah, Q., Khasanah, N. U., … Dhamayani, M. E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di MIM Kerten Banyudono, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10766

Hutagalung, J. B., Noya, F. C., Noija, S., De Lima, F. V. I., & Asmin, E. (2020). Evaluasi Capaian Kompetensi Pembelajaran Berbasis Komunitas Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Molucca Medica, 13(April), 58–64. https://doi.org/10.30598/molmed.2020.v13.i1.58

Ibrahim, M. (2010). The use of community based learning in educating college students in Midwestern USA. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 392–396. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.032

Nafi’iyah, N., & Maghfiroh, S. (2021). Analisis Penghasilan, Pekerjaan, dan Usaha Masyarakat di Masa Pandemi Melalui Penerapan Data Sains. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 14–22.

Ngurah, I. D. G., & Utama, M. S. (2018). Peran Modal Sosial, Potensi Pariwisata Dan Pemberdayaan Masyarakat Pada Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Kawasan Strategis Pariwisata Lebih. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6, 1647. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i06.p06

Putrawan, A. D. (2018). Sekolah Perjumpaan Sebagai Gerakan Dakwah Berbasis Komunitas. Lentera, 1, 207–221.

Sheikh Ismail, A., & Buang, N. (2019). Development of Entrepreneurship Intentions among School Students in Malaysia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(1), 48-53. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i1.7289

Sujarwo, S., Tristanti, T., & Santi, F. U. (2017). Pengembangan Model Pemberdayaan Perempuan Desa Wisata Melalui Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 75. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16798

Sutioningsih, S., Suniawati, S., & Hamsanikeda, S. (2019). Pengaruh Terapi Meditasi (Dzikir) terhadap Tingkat Stres pada Lansia. Jurnal Keperawatan Profesional, 7(1). https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.502

Wisesa, A. M., & Cendekia, D. A. (2019). Pola Pembelajaran Bebas Berbasis Komunitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menggambar di Komunitas Luber Malang. Education And Culture Studies (JADECS), 4(2), 78–86.

Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2018). Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf pada Lansia. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 48. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2360

Downloads

Submitted

2025-07-02

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles