Pemberdayaan Potensi Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat melalui Community Based Learning bagi Masyarakat Usia Produktif
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i1.11589Keywords:
pemberdayaan, potensi ekonomi, ccommunity based learning, kesehatan masyarakatAbstract
Kegiatan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat melalui produk kreatif, peningkatan pemahaman agama me-lalui peningakatan kemampuan membaca Al Quran, dan peningkatan kesehatan masyarakat melalui senam sehat. Kegiatan ini dilaksanakan di DukuhJetakRT 13/ RW 03, Banyudono, Boyolalidengan mitra terdiri dari masyarakat usia produktifdan anak-anak. Metodepengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan community based learning(CBL) untuk memberdayakan masyarakat di ketiga aspek tersebut. Hasil pengabdian initerdiri dari tiga bagian. Pertama, pembedayaan ekonomi, hasil pengabdian menunjukkan masyarakat di dukuh tersebut mampu menghasilkan keripik usus yang dapat digunakan potensi desa untuk mengembangkan perekeonomian masyarkat. Masyarakat mampu me-ngembangkan produk usus menjadi lebih kreatif. Kedua, peningkatankemampuananak-anak dalammembaca Alquran naik. Dengan pendeka-tan CBL, anak-anak terlihat lebih menikmati kegiatan mengaji. Selanjut-nya, melalui kegiatansenam sehat, masyarakat memiliki kebugaran yang lebih baik. Seluruh kegiatan tersebut membantu masyarakat untuk mam-pu bertahan di tengah pandemicovid-19 di segala aspek.
Downloads
References
Hariyatmi, H., Prasty, M. O., Andriyani, F., Nugroho, M. A. B. C., Ma’rifah, Q., Khasanah, N. U., … Dhamayani, M. E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di MIM Kerten Banyudono, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10766
Hutagalung, J. B., Noya, F. C., Noija, S., De Lima, F. V. I., & Asmin, E. (2020). Evaluasi Capaian Kompetensi Pembelajaran Berbasis Komunitas Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Molucca Medica, 13(April), 58–64. https://doi.org/10.30598/molmed.2020.v13.i1.58
Ibrahim, M. (2010). The use of community based learning in educating college students in Midwestern USA. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 392–396. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.032
Nafi’iyah, N., & Maghfiroh, S. (2021). Analisis Penghasilan, Pekerjaan, dan Usaha Masyarakat di Masa Pandemi Melalui Penerapan Data Sains. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 14–22.
Ngurah, I. D. G., & Utama, M. S. (2018). Peran Modal Sosial, Potensi Pariwisata Dan Pemberdayaan Masyarakat Pada Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Kawasan Strategis Pariwisata Lebih. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6, 1647. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i06.p06
Putrawan, A. D. (2018). Sekolah Perjumpaan Sebagai Gerakan Dakwah Berbasis Komunitas. Lentera, 1, 207–221.
Sheikh Ismail, A., & Buang, N. (2019). Development of Entrepreneurship Intentions among School Students in Malaysia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(1), 48-53. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i1.7289
Sujarwo, S., Tristanti, T., & Santi, F. U. (2017). Pengembangan Model Pemberdayaan Perempuan Desa Wisata Melalui Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 75. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16798
Sutioningsih, S., Suniawati, S., & Hamsanikeda, S. (2019). Pengaruh Terapi Meditasi (Dzikir) terhadap Tingkat Stres pada Lansia. Jurnal Keperawatan Profesional, 7(1). https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.502
Wisesa, A. M., & Cendekia, D. A. (2019). Pola Pembelajaran Bebas Berbasis Komunitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menggambar di Komunitas Luber Malang. Education And Culture Studies (JADECS), 4(2), 78–86.
Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2018). Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf pada Lansia. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 48. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2360






