Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah

Authors

  • Muhammad Fahmi Johan Syah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Amalia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Budi Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ninda Dwi Astuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Rohmadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i1.11582

Keywords:

dinamika interpersonal, keterlambatan, motorik halus, menulis

Abstract

Peralihan dari TK (Taman Kanak-kanak) menuju tingkat sekolah dasar memerlukan penyesuaian perkembangan motorik. Perkembangan tersebut tidak jauh dari keterampilan menulis. Sayangnya, keterlambatan menulis permulaan di kalangan siswa SD kelas 1 bisa menjadi permasalahanyang kerapkali ditemui.Kegiatan pengabdian inibertujuan untuk mendes-kripsikan dan memecahkan permasalahan terkait keterlambatan perkem-bangan motorik (menulis permulaan)anak sekolah dasar khususnya pada salah satu siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Program Khusus (PK)Tu-mang.Metode pengabdianyang digunakan yakni partisipatif, diawali dengan studi deskriptif terhadap fenomena, pengumpulan data dan ana-lisis, penyajian hasil, diseminasi, dan pendampingan.Hasil pengabdian ini merekomendasikanpemberian dukungan kepada siswa dengan keterlambatan perkembangan motorik untuk mengoptimalkan keunggulan dan minat yang dimiliki gunadikolaborasikan dalam rangka mengatasi keterlambatan menulis permulaan yang dialami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amzi, F., Halimah, S., dan Pohan, N., (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazzaki, 1(1), 15-28.

Anim, Anim., dkk. 2019. “Lancar Berhitung Tanpa Mengahafal Melalui Metode Jarimatika guna Mendukung Kecerdasan Anak di SD Negeri No. 014686 Sidomulyo Gugus-IV”. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1): 13-17.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Hamzah, S.H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik. Dinamika Ilmu, 12(1), https://doi.org/10.21093/di.v12i1.56

Haryadi, T dan Aripin. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku”. Andharupa, 1(2), 39-50.

Irmawanty, Irmawanty. 2019. “Positive Behavior Intervention Support (PBIS) pada Siswa Berkesulitan Menulis”. Metodik Didaktik. 15(1): 43-59.

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155-168.

Kasenda, L.M., Sentinuwo, S.R., dan Tulenan, V. (2016). Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android. E-journal Teknik Informatika, 9(1), 1-9.

Buletin KKN Pendidikan, Vol. 3, No. 1, Juli 2021 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v3i1.14667 Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas… (45 - 53) 53

Mardika, Tiwi. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD”. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 10(1): 28-33.

Nurbayati, Siti. 2018. “Instrumen Asesmen Menulis Permulaan pada Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan”. Jassi_Anakku. 19(2): 32-38.

Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardiansyah, J., ... & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 63-69.

Rizqia, M., Iskandar, W., Simangunsong, N., & Suyadi, S. (2019). Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 45-53.

Rohmadi, Muhammad, dan Yakub Nasucha. 2017. Dasar-dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.

Siagian, R.E.F. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.

Syaharudin, Syaharudin., dkk. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Menggunakan Metode Jarimatika”. Journal of Character Education Society. 1(1): 30-33.

Widyaningrum, Heni Kusuma. 2019. “Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar [Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MMP) in Primary School]”. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. 8(2): 189-200.

Widyastuti, T., & Astuti, R. (2016). Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 4(1), 54-62. doi:https://doi.org/10.18196/bdr.416

Downloads

Submitted

2025-07-02

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles