Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan

Authors

  • Ardhana Januar Mahardhani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Miftakhul Huda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Endang Fauziati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nurul Aisah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aditiya Dwi Prasetiyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v3i1.11574

Keywords:

literasi membaca, media bergambar, sekolah dasar

Abstract

Membaca merupakan proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan kemudian disampaikan dengan menggunakan kata-kata secara tertu-lis. Gerakan literasi membaca pada peserta didik merupakan suatu kegiatan yang dirancang agar siswa saat membaca tidak hanya mahir membaca. Akan tetapi, siswa juga dapat memahami isi bacaan. Ada-pun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas I dan II dengan menggunakan media bergambar. Metode pelaksanaan kegiatan KKN pengabdian masyarakat ini dila-kukanmelalui beberapatahap, antara lain sebagai berikut (1) Menghubungi mitra kerja sama kepada kepala Desa Sendangagung untuk meminta izin melakukan kegiatan KKN, (2) Mendiskusikan program kerja yang telah disusun kelompok kami dan di kaitkan dengan permasalahan yang terjadi pada anak-anak di lingkungan Dukuh Jiwir, (3) mengumpulkan anak-anak di lingkungan Dukuh Jiwir Khususnya kelas I dan II, (4) mengukur kemampuan membaca anak, (5) melatih anak-anak untuk meningkatkankemampuan mem-baca dengan menggunakan metode bergambar. Hasil pengabdian ini yaitu kemampuan membaca anak dengan berlatih menggunakan me-dia bergambar lebih meningkat dari pada sebelumnya. Sebelumnya kesulitan membaca, tetapi dengan adanya media bergambar lebih membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eko Hardiawan, F., Irfan Rifa, Q., & Januar Mahardhani, A. (2021). Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca melalui Komunitas Gubuk Literasi Pada Masa Pandemi. In KoPeN: Konferensi Buletin KKN Pendidikan, Vol. 3, No. 1, Juli 2021 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v3i1.14664 Pendidikan Nasional (Vol. 3, Issue 1). http://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1672.

Hariyanto, D., Abror, M., Yani, M., & Dharma, F. (2021). Pembudayaan Permainan Tradisional sebagai Wahana Belajar Luar Ruang bagi Anak. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(1), 56-68. doi:https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9265.

Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885.

Kurnia, R. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Laboratorium Fkip Universitas Riau. In Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.33578/JPSBE.V6I2.4486.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634.

Laely, K., Pps, P., Negeri, U., Jl, J. R., & Muka, J. T. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300–319. https://doi.org/10.21009/JPUD.072.

Nafisah, D. (2020). Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa Kelas Iv Min 3 Karanganyar. IAIN Salatiga.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific Literacy of Students Learned Through Guided Inquiry. International Journal of Research & Review (Www.Gkpublication.In), 4(5), 23. www.ijrrjournal.com.

Rulisty, N., Sutikno, P., Sona, A. E., & Windusiyam, P. (2020). Peran Penting Orang Tua dalam Pembelajaran Daring dengan Metode Talk & Listen untuk Siswa Sekolah Menengah di Masa Pandemi. In Organized by Faculty of Letters (Vol. 4, Issue 1). http://isolec.um.ac.id/proceeding/index.php/issn/article/view/53.

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p48-58.

Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373–381. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 1. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.

Hadiyati, S., Hafida, N., Insan, A., Rokhmah, N., Kuncara, R. B., Wardani, V. A., … Handayani, F. (2020). Green Literature untuk Menumbuhkembangkan Kesadaran Ekologis di SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.

Raia, F. (2018). Learning , Culture and Social Interaction Identity , tools and existential spaces. Learning, Culture and Social Interaction, (April), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.04.014.

Riza, M., Nikmah, N., Hidayah, S., Anggraeni, V., Jannah, R., Afiyah, N., & Malichatin, H. (2021). Peningkatan Literasi Keluarga dalam Konten Edukatif Pembuatan Brownies Kukus Melalui Youtube. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(1), 23-37. doi:https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9804.

Sanders, K. E., Molgaard, M., & Shigemasa, M. (2019). The Relationship between Culturally Relevant Materials, Emotional Climate, Ethnic Composition and Peer Play in Preschools for Children of Color. Journal for Multicultural Education, 13(4), 338–351. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JME-02-2019-0014.

Syahmani, Hafizah, E., Sauqina, Adnan, M. bin, & Ibrahim, M. H. (2021). STEAM Approach to Improve Environmental Education Innovation and Literacy in Waste Management: Bibliometric Research. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 130–141. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i2.12782.

Downloads

Submitted

2025-07-02

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles