Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar

Authors

  • Koesoemo Ratih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ratnasari Dyah Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Djalal Fuadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Mulyasih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dinar Febriani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sampdoria Fajar Asmara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Diana Riza Aprilianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Arum Wahyu Rianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dewi Santiana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Heni Rahmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Livya Mora Adlina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Bastian Rosyidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Taufik Hidayat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i1.11406

Keywords:

etiks, karakter, komunikasi global, peduli lingkungan

Abstract

Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menum-buhkan dan memberikan penguatankepedulian guru dan siswa di SMP Muhammadiyah10 MatesihKaranganyar terhadap lingkungansosial-bu-dayasekolah dalam pendidikanetika dan karakter di era komunikasi global sekarang ini. Kegiatan pengabdian masyarakat inimelibatkan guru dan siswa berjumlah 34 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah10 Matesihyang diawali dengan pengamatanterlibat aktif, wawancara mendalam secara langsung dilanjutkan dengan teknik Partisipatory Rural Appraisal kepadaguru dansiswa di SMP Muhammadiyah10 Matesih.Hasil kegiatan pengabdian masyarakatini menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan etika dan karakter peduli lingkungan siswa yang ada di SMP Muhammadiyah10 Matesihlebih menanggapi akan pentingnya lingkungan yang bersih, serta siswa di SMP Muhammadiyah10 Matesihtelah dapat memanfaatkan botol-botol bekas sebagai pot bunga dan lebih bertanggung jawab atas sampah yang ada di lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah di sediakan oleh tim KKN-Dik maka dengan diadakannya pengabdian masyarakt pendidikan ini dapat mengetahui bahwa dengan diadakannya pendidikan etika dan karekter peduli lingkungan ini dapat menumbuhkan etika dan karakter siswa dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan yang bersih,rapi,indah,dan nyaman.Oleh sebab itu, guru dan siswa perlu didorong secara berkala dan berkelanjutan dalam pendidikan etika dan karakter yang ber-basis pada potensi lingkungan sosial-budaya sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. I. Y. I. N., Firdiansyah, B. A., Desta, D., Tamarani, F. D., & Sistiasih, V. S. (2019). Penggunaan Pendekatan SAVI (Somatik Auditori Visual Intelektual) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SDN Donoyudan. Buletin KKN Pendidikan, 1(1).

Burgess, R. G. (2002). In the field: An introduction to field research. Taylor & Francis. www.ebookstore.tandf.co.uk.

Fatma, F., Prayitno, H. J., Jamaludin, N., Jha, G. K., & Badri, T. I. (2019). Directive Speech Acts in Academic Discourse: Ethnography of Communication from Gender Perspective in Higher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(1), 27-46.

Fitriani, R. (2017). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga Tahun 2017, 1–11.

Fuadi, D., Suwandi, J., & Jumali, J. (2018, November). Growing Life Skill through Accounting Learning in Millennial Era. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 361-370).

Isnarmi, M. (2016). Pendekatan Kritis-Transformatif dalam PKn: Sebuah Upaya Pengembangan Karakter (Good Character). Jurnal Social Science.

Maidiantius, T. (2014). Etika Dalam Pendidikan. Jaffray.

Mardiana, D. (2017). Internalisasi Nilai Etika Lingkungan di Sekolah Dasar. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).

Mulyana, R. (2009). Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa, 6(2), 175-180.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1).

Prayitno, H. J. (2011). Teknik dan Strategi Tindak Kesantunan Direktif di Kalangan Andik SD Berlatar Belakang Budaya Jawa. Kajian Linguistik dan Sastra, 23(2), 204-218.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 348–352.

Sitti Hasnidar, S. H. (2019). Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997

Sudarsana, I. K. (2016). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka. Prosiding Nasional.

Downloads

Submitted

2025-06-29

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles