Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i1.11400Keywords:
karakter, kejujuran, kantin anti korupsiAbstract
Kejujuran merupakan salah satu karakter yang penting ditanamkan semenjak dini pada siswa.Melalui kejujuran diharap-kan bisa dihasilkan siswa yang cerdas tidak hanya secara intel-ektual, namun juga cerdas secara moral.Program ini bertujuan un-tukmenanamkankarakter kejujuran melalui kantin anti korupsi pada siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Metode pelaksanaan program melalui penyuluhan dan pendampingan. Hasil pelaksanaan programmenunjukkan bahwa nilai nilai karakter keju-juran siswa yang diinternalisasikan dalam kantin anti korupsi di SD/ MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali telah tertanamkan dengan baik. Siswasudah menunjukkan sikap jujur, disiplin dan mandiri dalam program kantinanti korupsi.Keberadaan kantin anti korupsi dengan teknik pelayanan self-service systemdapat dijadikan sebagai media yang baik dalam penanaman karakter kejujuran siswa karena bisamelahirkan sikap dan tindakan siswa yang positif.
Downloads
References
Al Habib, M. (2013). Kantin Kejujuran Sebagai Sarana Pembinaan Akhlak Siswa Desa Tamiajeng, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Alfurkan, & Marzuki. (2020). Penguatan Nilai Kejujuran melalui Pendidikan Antikorupsi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 221–231. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p221-231
Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.130
Atika, N. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Kantin Kejujuran Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di SDN 114 Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter.
Fitriansyah, R., Fatinah, L., & Syahril, M. (2020). Critical Review: Professional Development Programs to Face Open Educational Resources in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 109–119. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9662
Martanti, F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Media Kantin Kejujuran di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang. SOSIO DIALEKTIKA- Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, 2(1), 43–56.
Murdiono, M. (2016). Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9910
Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawa, J. A., Triutami, A., Intansari, A., … Suistri. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa. 1(2), 35–41. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter (Ketiga; A. Kamsyach, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Putri, N., & Wardani, K. (2019). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan , Sragen. 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774
Undang-Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (2002). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7990-1






