Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali

Authors

  • Rita Pramujiyanti Khotimah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Doni Suryo Putro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ginanjar Wahyu Utomo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anisa Fera Hidayah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nurul Endah Astrianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yusti Ratna Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tiara Risti Alfanani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Heny Tri Muthmainnah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mazliza Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Zakiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i1.11400

Keywords:

karakter, kejujuran, kantin anti korupsi

Abstract

Kejujuran merupakan salah satu karakter yang penting ditanamkan semenjak dini pada siswa.Melalui kejujuran diharap-kan bisa dihasilkan siswa yang cerdas tidak hanya secara intel-ektual, namun juga cerdas secara moral.Program ini bertujuan un-tukmenanamkankarakter kejujuran melalui kantin anti korupsi pada siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Metode pelaksanaan program melalui penyuluhan dan pendampingan. Hasil pelaksanaan programmenunjukkan bahwa nilai nilai karakter keju-juran siswa yang diinternalisasikan dalam kantin anti korupsi di SD/ MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali telah tertanamkan dengan baik. Siswasudah menunjukkan sikap jujur, disiplin dan mandiri dalam program kantinanti korupsi.Keberadaan kantin anti korupsi dengan teknik pelayanan self-service systemdapat dijadikan sebagai media yang baik dalam penanaman karakter kejujuran siswa karena bisamelahirkan sikap dan tindakan siswa yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Habib, M. (2013). Kantin Kejujuran Sebagai Sarana Pembinaan Akhlak Siswa Desa Tamiajeng, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Alfurkan, & Marzuki. (2020). Penguatan Nilai Kejujuran melalui Pendidikan Antikorupsi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 221–231. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p221-231

Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.130

Atika, N. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Kantin Kejujuran Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di SDN 114 Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).

Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter.

Fitriansyah, R., Fatinah, L., & Syahril, M. (2020). Critical Review: Professional Development Programs to Face Open Educational Resources in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 109–119. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9662

Martanti, F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Media Kantin Kejujuran di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang. SOSIO DIALEKTIKA- Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, 2(1), 43–56.

Murdiono, M. (2016). Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9910

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawa, J. A., Triutami, A., Intansari, A., … Suistri. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa. 1(2), 35–41. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter (Ketiga; A. Kamsyach, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Putri, N., & Wardani, K. (2019). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan , Sragen. 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774

Undang-Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (2002). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7990-1

Downloads

Submitted

2025-06-29

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles