Pengembangan Bimbingan Belajar Berbasis Lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i1.11399Keywords:
bimbingan belajar, kemampuan akademik siswa, prestasi siswaAbstract
Setiap siswa berhakuntuk memiliki prestasi dan kemampuan akademik yang baik. Siswa dalam mencapai keberhasilan tersebut,membutuhkan dorongan dari dalam diri siswa dan dari luar dirinya. Bimbingan belajar merupakan salah satu usaha untuk mendorong siswa mencapai prestasi yang baik. Siswa di Desa Juwiran, kecamatan Juwiring, Klaten menunjukkan semangat belajar yang tinggi,akan tetapi masih kurang dukungan dan dorongan dari luar pribadi siswa. Kedua faktor tersebut, harus terpenuhi guna meningkatkan hasil belajardan tingkatpercaya dirisiswa secara optimal. Kegiatan bimbingan belajar yang diadakan secara rutin dapatmembantu siswa menyelesaikan permasalahan belajar mere-ka,melalui metode pembelajaran yang serius namun santai dan menyenangkan. Pengabdian ini dilaksanakan mahasiswa di posko KKN-DikFKIP UMSDesa Juwiran. Kegiatan ini efektif membantumeningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan di sekolah, meningkatkan hasil belajar siswa,danjugarasa percaya diri saat mengikuti pelajaran
Downloads
References
Abdullah, D. (2016). Bimbingan Belajar Bagi Siswa Berkesulitan Membaca. JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 1(1).
Barus, T. A. B. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Siswa Yang Tidak mengikuti Bimbingan Belajar. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 135–141.
Hadini. (2013). Psikologi subjek didik dalam pandangan ibnu sina. Jurnal.Ar-Raniry, 3, 264–281. https://doi.org/10.22373/jm.v3i2.192
Ishartono, N., Alfian, I. A., & Firdaus, N. (2016). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Untuk Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Sukoharjo. The 4th University Research Coloquium 2016, 264–270. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/7705
Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2020). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10269
Kartono, K. (2003). Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanaannya. Jakarta: Rajawali Bina Aksara.
Munandir. (2003). Program Bimbingan Karier di Sekolah.
Noor, R. A., & Ulfa, R. M. (2016). Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Pontianak Terhadap Lembaga Bimbingan Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7).
Nurlinggasari, D. (2017). Hubungan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Biologi. Jurnal Bioterdidik, 5(7).
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Gahlia Indonesia.
Rasam, F., Interdiana, A., Sari, C., Program, D., Pendidikan, S., Universitas, E., … Kunci, K. (2018). Peran Kreativitas guru dalam penggunaan media belajar. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 95–113.
Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M., … Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765
Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel, W. S. (2004). Bimbingan dan konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: Grasindo.






