Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i1.11396Keywords:
implementasi, pengetahuan lingkungan, program adiwiyataAbstract
Kesadaran menjaga lingkungan sekitar merupakan salah satu karakter yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dengan melaksanakan Program Adiwiyatadi sekolah. Program Adiwiyatamerupakan salah satu program yang mengajarkan siswa untuk peduli dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Ber-dasarkan pemaparan di atas, lebih lanjut tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat berupa implementasi program Adiwiyatadi sekolah. Tujuan pengabdian masyarakat ini untukmeningkatkan penge-tahuan siswa mengenai lingkungan di MIMPotronayan 2.Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendidikan masyarakatyang difokuskan pada warga sekolah terutama para siswa di MIM Potronayan 2. Hasil pengabdian masyarakat inimenunjukkan bahwa implementasi Adiwiyatadi MIM Potronayan 2 menunjukkan perubahan yang cukup signifikan. Siswa yang awalnya kurang paham mengenai pentingnya men-jaga lingkungan sekitarmenjadi lebih tahu dan menyadari betapa pent-ingnya menjaga lingkungan sekitar mereka. Hal ini dapat dilihat dari antusias para siswa dalam menjaga tanaman yang telah mereka tanam dan juga kesadaran mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Oleh karenaitu, program Adiwiyatamerupakan salah satu program yang sangat baikuntuk dilaksanakan di sekolahsebagai salah satu usaha pe-nanaman karakter cinta lingkungan sejak dini
Downloads
References
Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya, 3(1), 39–51.
Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan program Adiwiyata dalam mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 25–37. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juli 2020 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v2i1.10794
Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan Undip, 15(1), 35–41.
Landriany, E. (2014). Implementasi kebijakan Adiwiyata dalam upaya mewujudkan pendidikan lingkungan hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1).
Narimo, S., Maryadi, M., Fatoni, A., Anif, S., Sumardjoko, B., & Adhantoro, M. S. (2018, November). Pancasila and Citizens Education (PKn) Learning Based on Local Culture in The Establishment of Student Characters. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 255–260).
Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah Adiwiyata mandiri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21.
Prabowo, A., & Sidi, P. (2010). Memahat Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education, 165–177. Bandung: UPI & UPSI.
Rahmah, Y. D. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 453–757.
Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawa, J. A., Triutami, A., Intansari, A., … Suistri. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa. 1(2), 35–41. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763
Siahaan. (2014). Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan. Jakarta: Erlangga.
Siahaan, N. H. T. (2004). Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan. Erlangga.






