Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11360Keywords:
pembelajaran di luar kelas, pendidikan anak usia dini, psikomotorikAbstract
Pendidikan merupakan poin utama dalam memajukan suatu bangsa dan negara, sesuai dengan tujuan pendidikan yang terdapat pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. BA Aisyiyah Bulakrejo 2 merupakan suatu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Aisyiyah yang berfokus pada pendidikan anak usia dini. Pen-didikan anak usia dini merupakan usia yang sangat penting dalam per-tumbuhan dan perkembangan seorang anak usia dini. Perkembangan anak usia dini meliputi lima ranah, yakni kognitif, fisik motorik, bahasa, emosi sosial dan Seni. Perkembangan psikomotorik merupakan perkem-bangan yang penting untuk dikembangkan, salah fungsinya untuk mengasahkemampuan mototik halus dan kasar seorang anak. Salah satu program pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perkembangan fisik motorik khususnya motorik kasar pada anak adalah dengan kegiatan outingclass. Kegiatan outingclasscukup efektif dalam mengoptimalkan perkembangan psikomotorik anak. Kegiatan outingclassdilakukan dengan kegiatan outbound. Lokasi pelaksanaan outbounddil-akukan didekat sekolah. Kegiatan Outbounddirancang untuk mengem-bangkan motorik kasar anak, selain itu juga bermanfaat untuk mengem-bangkan aspek yang lain yakni perkembangan kognitif, emosi, sosial, bahasa dan juga seni. Aspek yang dikembangkan dalam permainan psikomotik tersebut meliputi pengembangan nilai kerja keras, mandiri, berpikir cepat, dan kerjasama anak usiadini.
Downloads
References
Adyanto, P. (2018). Pendidikan Karakter
Anak Usia Dini Menjadi Lebih Mandiri
Melalui Bermain Bahan Alam. Almufida.
Asti, B.M. 2009. Fun Outbound, Jogjakarta:
Diva Press.
Djamaludin, Ancok. (2003). Outbound Management Training. Yogyakarta: UII
Halida. (2012). Penerapan Model Networked
Jejaring dalam Pembelajaran Terpadu
Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi
Ilmu Pendidikan.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan
Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal
Pendidikan Anak.
Hidayati, E. (2008). Hubungan Pengetahuan
Ibu Tentang Perkembangan Psikomotorik Anak Usia 3-5 Tahun DI Desa Sarirejo Kec. Guntur Kab Demak. Jurnal
Keperawatan.
John W Santrock. (2012). Perkembangan
Anak. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud
Nomor 137 Tahun 2014 Tentang
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
Dini.
Moh Fauziddin (2018) Useful of Clap Hand
Games for Optimalize Cogtivite Aspects
in Early Childhood Education. Jurnal
Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini. Volume 2 Issue 2 (2018) Pages
162-169
Purnama, S. (2016). Materi-materi pilihan dalam parenting education menurut Munif
Chatib. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang
Anak Usia Dini, 1(1), 1-16.
http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/a
rticle/view/1245
Rakhmawati, I. (2015). Mengembangkan
Kecerdasan Anak Melalui Pendidikan
Usia Dini. Smp 1 Undaan Kudus.
Ratih, K., Prayitno, H. J., Sutopo, A., Tamatea,
L., & Syahriandi, M. (2019). Preparing
for Quality EFL Teachers: The
Disjuncture Between Policies and
Practice in The Internet Communication
Technology (ICT) Use in Classroom
Context.
Selfa Maryanti, (2019) Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode
Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu.
Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (1),
22-31






