Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo

Authors

  • Choiriyah Widiasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Humaam Almahi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dewi Prasetyoningrum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nisa Laili Rohmatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Evera Niara Sendy Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yudhistira Laksamana Satria Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Jati Ayu Nurma Permatasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rosalia Tunika Grandis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ara Reda Astara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Edi Kurniawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11360

Keywords:

pembelajaran di luar kelas, pendidikan anak usia dini, psikomotorik

Abstract

Pendidikan merupakan poin utama dalam memajukan suatu bangsa dan negara, sesuai dengan tujuan pendidikan yang terdapat pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. BA Aisyiyah Bulakrejo 2 merupakan suatu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Aisyiyah yang berfokus pada pendidikan anak usia dini. Pen-didikan anak usia dini merupakan usia yang sangat penting dalam per-tumbuhan dan perkembangan seorang anak usia dini. Perkembangan anak usia dini meliputi lima ranah, yakni kognitif, fisik motorik, bahasa, emosi sosial dan Seni. Perkembangan psikomotorik merupakan perkem-bangan yang penting untuk dikembangkan, salah fungsinya untuk mengasahkemampuan mototik halus dan kasar seorang anak. Salah satu program pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perkembangan fisik motorik khususnya motorik kasar pada anak adalah dengan kegiatan outingclass. Kegiatan outingclasscukup efektif dalam mengoptimalkan perkembangan psikomotorik anak. Kegiatan outingclassdilakukan dengan kegiatan outbound. Lokasi pelaksanaan outbounddil-akukan didekat sekolah. Kegiatan Outbounddirancang untuk mengem-bangkan motorik kasar anak, selain itu juga bermanfaat untuk mengem-bangkan aspek yang lain yakni perkembangan kognitif, emosi, sosial, bahasa dan juga seni. Aspek yang dikembangkan dalam permainan psikomotik tersebut meliputi pengembangan nilai kerja keras, mandiri, berpikir cepat, dan kerjasama anak usiadini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyanto, P. (2018). Pendidikan Karakter

Anak Usia Dini Menjadi Lebih Mandiri

Melalui Bermain Bahan Alam. Almufida.

Asti, B.M. 2009. Fun Outbound, Jogjakarta:

Diva Press.

Djamaludin, Ancok. (2003). Outbound Management Training. Yogyakarta: UII

Halida. (2012). Penerapan Model Networked

Jejaring dalam Pembelajaran Terpadu

Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi

Ilmu Pendidikan.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan

Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan Anak.

Hidayati, E. (2008). Hubungan Pengetahuan

Ibu Tentang Perkembangan Psikomotorik Anak Usia 3-5 Tahun DI Desa Sarirejo Kec. Guntur Kab Demak. Jurnal

Keperawatan.

John W Santrock. (2012). Perkembangan

Anak. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud

Nomor 137 Tahun 2014 Tentang

Standar Nasional Pendidikan Anak Usia

Dini.

Moh Fauziddin (2018) Useful of Clap Hand

Games for Optimalize Cogtivite Aspects

in Early Childhood Education. Jurnal

Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini. Volume 2 Issue 2 (2018) Pages

162-169

Purnama, S. (2016). Materi-materi pilihan dalam parenting education menurut Munif

Chatib. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang

Anak Usia Dini, 1(1), 1-16.

http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/a

rticle/view/1245

Rakhmawati, I. (2015). Mengembangkan

Kecerdasan Anak Melalui Pendidikan

Usia Dini. Smp 1 Undaan Kudus.

Ratih, K., Prayitno, H. J., Sutopo, A., Tamatea,

L., & Syahriandi, M. (2019). Preparing

for Quality EFL Teachers: The

Disjuncture Between Policies and

Practice in The Internet Communication

Technology (ICT) Use in Classroom

Context.

Selfa Maryanti, (2019) Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode

Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu.

Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (1),

22-31

Downloads

Submitted

2025-06-28

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles