Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo

Authors

  • Arief Cahyo Utomo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lisa Widyawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rika Supyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nanda Guntur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lely Aprillia Arin Dhita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ayu Rahmadhanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ervha Arien Pratama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Akmalia Riskiana Safitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nadia Yuni Amilia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Marwan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11358

Keywords:

anak usia dini, seni tari, tari semut

Abstract

Anak usia dini dapat dikatakan sebagai masa keemasan (GoldenAge), masa keemasan ini lebih mudah untuk menerima rangsangan positif yang dapat meningkatkan perkembangan kecerdasan yang baik. Media ber-peran penting memberikan rangsangan positif yang dapat menjadikan anak merasa nyaman dan senang. Salah satu media itu didapat melalui seni tari. Perkembangan kebudayaan saat ini perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Maka dari itu, diperlukan pengenalan kebudayaan sejak dini yang inovatif, kreatif, dan edukatif agar anak-anak memiliki ketertarikan untuk mempelajari kebudayaan. Seni tari memiliki ragam yang sangat banyak, oleh karenanya memilih ragam tari yang memiliki gerakan sederhana namun akan sarat akan makna. Maka dipilihlah Tari Semut dari Jember sebagai pengenalan ke-budayaan pada anak usia dini di BA Aisyiyah Ngadirejo. Tari semut memiliki makna untuk memperkenalkan kebudayaan daerah kepada anak, sehingga anak sudah mengenal kebudayaannya sejak dini, kemudi-an selain itu tujuan pelaksanaan kegiatan untuk membantu mengem-bangkan rasa percaya diri anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, A. (2017). Penerapan Tari Kreatif Dengan Eksplorasi Imagery Lingkungan Hidup Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(2), 64–75. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.118

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hartono. (2012). Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Semarang: Unnes Press.

Hidajat, Robby. (2003). Koreografi Anak. Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Jazuli, M. (2008). Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press. Jurnal Pendidikan Modern, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i1.64

Kamtini dan Tanjung. (2005). Bermain Gerak dan Lagu di Taman Kanak‑Kanak. Jakarta: DIRJEN DIKTI

Karyati, Dewi dkk. (2005). Pengantar Bahan Ajar Pendidikan Seni Tari dan Drama.

Kurniawati, L. D., & Azizah, E. N. (2019). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Penthul Melikan pada Anak Usia 4–6.

Kusumastuti, E. (2004). Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak‑Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang Sebagai Proses Alih Budaya.

Kusumastuti, E. (2016). Pelatihan Pembelajaran Seni Tari Sebagai Proses Alih Budaya Pada Anak Usia Dini Bagi Guru Taman Kanak‑Kanak Tadika Puri Wilayah Semarang.

Setiawan, A., Saida, N., & Kurniawati, T. (n.d.). Pembelajaran Seni Tari Sebagai Media Mengembangkan. PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, 186–192.

Shomiyatun. (2019). Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Budaya Tradisional Pada Anak, 1(2), 62–71.

Sutisna, A. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (November), 257–269.

Utami, W. T., Yeni, I., & Yaswinda. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Taman Kanak‑Kanak Sani Ashila Padang Winda, 4(2), 87–94.

Downloads

Submitted

2025-06-28

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles