Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11353Keywords:
motorik, outbound, permainan, usia prasekolahAbstract
Masa prasekolahtermasuk masa-masa bermain untuk anak. Belajar sambil bermain pun dapat berpengaruh terhadap perkembangan sistem motorik anak, terutama pada anak usia prasekolah. Maka, dibuatlah metode pembelajaran yang menarik agar anak merasa senang dan semangat untukbelajar, yaitu metode Outbound. Selain dapat meningkatkan sistem motorik anak, metode ini dibuat untuk mengenalkan anak pada lingkungan sekitar. Pengabdianini bertujuan memaparkan dampak atau pengaruh adanya kegiatan Outbounddan cara mengembangkan sistemmotorik melalui permainan di dalam Outbound. Hasil pengabdianmenunjukkan bahwa adanya permainan dalam kegiatan Outboundyang dilakukan KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten Utara memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajardan perkembangan sistem motorik anak. Pengabdianini penting dilakukan sebagai bentuk upaya yang dapat dilakukan dalam pengembangan metode pembelajaran, karena pada dasarnya pembelajaran bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan atau alam terbuka.
Downloads
References
Akin, Y. (2015). Pengaruh Permainan Outbound (Data Processing, Hands dan Star) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 7(1), 44–54.
Aye, T., Oo, K. S., & Khin, M. T. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar. Journal of Physical Therapy Science, (June 2016), 1772–1778.
Buchori, S., Ibrahim, M., & Saman, A. (2016). Pengaruh Character Education Training Melalui Outbound Training untuk Peningkatan Kejujuran dan Integritas. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 12–19.
Falah, N. (2014). Efektivitas Out Bound sebagai Metode Pembelajaran (Studi pada Out Bound Mahasiswa Jurusan BKI Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Hisbah, 11(1), 53–74.
Garnika, E., & Sulastri, N. M. (2017). Pemanfaatan Kegiatan Outbond Untuk Menumbuhkan Karakter Percaya Diri Anak Usia Dini Eneng. Jurnal Kependidikan, 16(4), 317–321. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 1, No. 2, Desember 2019 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v1i2.10772
Hakim, A. R., & Kumala, F. N. (2016). Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Outbound. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 173–182.
Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan AUD. Jakarta Timur: PT. Luximo Metro Media.
Hernandez, A. M., & Caçola, P. (2015). Motor proficiency predicts cognitive ability in four-year-olds. European Early Childhood Education Journal, 23(4), 37–41.
Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2020). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56.
Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17–23.
Kusumaningtyas, L. E. (2016). Bermain dalam Rangka Mengembangkan Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal), 1(1), 47–56.
Maryatun, I. B. (2011). Pemanfaatan kegiatan Outbound untuk melatih kerjasama (sebagai moral behavior) anak. Yogyakarta: UNY.
Mutmainah, L. (2012). Inovasi Outbound dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah di TK Dwi Warna Jaya Kota Surabaya. Psychiatry Nursing Journal: Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1), 1–10.
Pang, A. W., & Fong, D. T.-P. (2009). Fundamental Motor Skill Proficiency of Hong Kong Children Aged 6 – 9 Years. Research in Sports Medicine, 17(3), 125–144.
Sugandi, I. (2014). Konsep Kepemimpinan Guru dalam Manajemen Kegiatan Outbound. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 2(1), 1–8.
Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter pada Siswa SD Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183–193.
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xing, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. Biomed Research International, 2017, 1–13.






