Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11352Keywords:
proses belajar-mengajar, talking stick, pembelajaran interaktifAbstract
Proses belajar-mengajar merupakan suatu cara guru dan murid berinteraksi dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik minat belajar siswa. Untuk itu, guru sangat penting memilih metode pembelajaran supaya siswa semangat dan termotivasi untuk belajar di sekolah. Metode talking stickyang telah diterapkan di MIM Jatisari, Kedongdowo, Boyolali merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan antusiasmedan pemahaman belajar siswa. Aplikasi metode initelah menjadikan siswa dengan mudah memahami apa yang mereka pelajari, membuat siswa aktif di dalam kelas, mendapat kesempatan yang sama karena mendapat giliran memegang tongkat yang mengharuskan mereka menjawab pertanyaan guru,dan berpengalaman mengekspresikan pendapatnya di kelas. Metode ini berbeda dengan metode yang biasa digunakan oleh gurudi MIM Jatisari tersebut. Metode ini lebih santai dan sesuai untuk siswa yang sulit memahami materi, serta dapat merangsang keingintahuan siswa dalam mendalami pengetahuan. Hal tersebut diharapkan mampu mengembalikan fokus siswa dalam belajar dan membuat siswa dapat memahami materi dengan mudah.
Downloads
References
Fajri, Nurul, Anwar Yoesoef, Muhammad Nur. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Strategi Joyful Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSN Meuraxa Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1): 98-109.
Kristanti, Hana Septiana. (2018). “Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia”. Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3): 293-301.
Muslimah, Umi. (2017). “Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Implementasi Active Learning Tipe Talking Stick”. Basic Education, 6(12): 1175-1182. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/10366
Mustikasari, Mariska, Isnani, Purwo Susongko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika”. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 1(1): 65-71. http://ejournal.ups.ac.id/index.php/jpmp
Nurdyansyah, N., & Widodo, A. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pour, Agustina Novitasari, Lovy Herayanti, Baiq Azmi Sukroyanti. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1): 36-40.
Puspitawangi, Kadek Rai, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio terhadap Hasil Belajar IPS Siswa”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1): 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id
Sagala, S. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sari, Swastika, Astuti Wijayanti. 2017. “Talking Stick: Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Kerja Sama Siswa”. Wacana Akademika, 1(2).
Siregar, S. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Konsep Sistem Indera”. Jurnal Biotik, 3(2): 100-106. https://jurnal.arraniry.ac.id
Supriyono, H., Adhantoro, M. S., & Rahmadzani, R. F. (2018). Developing Mobile Interactive Learning Media with Educational Game for Supporting Javanese Letters Learning. Advanced Science Letters, 24(12), 9173-9177.






