Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali

Authors

  • Atiqa Sabardila Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Arif Rahman Fachri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eric Santoso Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ninik Nur Aini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mila Safitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dita Meinindya Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Novita Aisah Damayanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Linda Hermawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Adisti Nur Pratiwi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ria Safira Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11352

Keywords:

proses belajar-mengajar, talking stick, pembelajaran interaktif

Abstract

Proses belajar-mengajar merupakan suatu cara guru dan murid berinteraksi dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik minat belajar siswa. Untuk itu, guru sangat penting memilih metode pembelajaran supaya siswa semangat dan termotivasi untuk belajar di sekolah. Metode talking stickyang telah diterapkan di MIM Jatisari, Kedongdowo, Boyolali merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan antusiasmedan pemahaman belajar siswa. Aplikasi metode initelah menjadikan siswa dengan mudah memahami apa yang mereka pelajari, membuat siswa aktif di dalam kelas, mendapat kesempatan yang sama karena mendapat giliran memegang tongkat yang mengharuskan mereka menjawab pertanyaan guru,dan berpengalaman mengekspresikan pendapatnya di kelas. Metode ini berbeda dengan metode yang biasa digunakan oleh gurudi MIM Jatisari tersebut. Metode ini lebih santai dan sesuai untuk siswa yang sulit memahami materi, serta dapat merangsang keingintahuan siswa dalam mendalami pengetahuan. Hal tersebut diharapkan mampu mengembalikan fokus siswa dalam belajar dan membuat siswa dapat memahami materi dengan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajri, Nurul, Anwar Yoesoef, Muhammad Nur. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Strategi Joyful Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSN Meuraxa Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1): 98-109.

Kristanti, Hana Septiana. (2018). “Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia”. Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3): 293-301.

Muslimah, Umi. (2017). “Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Implementasi Active Learning Tipe Talking Stick”. Basic Education, 6(12): 1175-1182. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/10366

Mustikasari, Mariska, Isnani, Purwo Susongko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika”. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 1(1): 65-71. http://ejournal.ups.ac.id/index.php/jpmp

Nurdyansyah, N., & Widodo, A. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pour, Agustina Novitasari, Lovy Herayanti, Baiq Azmi Sukroyanti. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1): 36-40.

Puspitawangi, Kadek Rai, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio terhadap Hasil Belajar IPS Siswa”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1): 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id

Sagala, S. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, Swastika, Astuti Wijayanti. 2017. “Talking Stick: Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Kerja Sama Siswa”. Wacana Akademika, 1(2).

Siregar, S. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Konsep Sistem Indera”. Jurnal Biotik, 3(2): 100-106. https://jurnal.arraniry.ac.id

Supriyono, H., Adhantoro, M. S., & Rahmadzani, R. F. (2018). Developing Mobile Interactive Learning Media with Educational Game for Supporting Javanese Letters Learning. Advanced Science Letters, 24(12), 9173-9177.

Downloads

Submitted

2025-06-28

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles