Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di MIM Kerten Banyudono, Boyolali

Authors

  • Hariyatmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Marissa Oktavia Prasty Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fitriana Andriyani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Adha Bisma Cahyo Nugroho Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Qa'ilin Ma'rifah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nurul Uswatun Khasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dian Tri Wahyuni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wahyu Tri Budi Raharjo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ernaningsih Diah Ayu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Monica Elen Dhamayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11351

Keywords:

munaqosah, pendidikan karakter, tahfidz Al-Qur'an

Abstract

Munaqosah adalah penilaian kinerja untuk mengukur. proses dan produk.MunaqosahtahfidzulQur’an merupakan pengukuran yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Kegiatan munaqosahtahfidzulQur’an di MIM Kerten Banyudono Boyolali bertujuan untuk mengetahui implementasitahfidzAl-Qur’an, dan untuk mengetahui hasil capaian program pendampingan tahfidzAl-Qur’an, dan karakter siswa di MIM Kerten Banyudono melalui ujian munaqosah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dari 107 siswa setelah mengikuti Muraja’ahyang dibimbing guru. Hasil implementasi dan capaian program tahfidzAl-Qur’an terlihat saat ujian munaqosahyang dilaksanakan tanggal 11 Februari 2020 adalah Siswa yang mengikuti ujian munaqosahsebanyak 58%. 50 siswa tersaring untuk hafalan surah An-Naba dan 12 siswa untuk Surah Al-Mulk, serta dua orang tidak bersedia mengikuti ujian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, simpulan yang dapat dikemukakan adalah 48 siswa dengan hafalan surah An-Naba dan 12 siswa dengan hafalan surah Al-Mulk dinyatakan lulus oleh TIM Munaqosah sehingga total keseluruhan sebanyak 60 siswa. Karakter yang muncul adalah Jujur, budaya antri, sabar, kreatif, tanggung jawab serta mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, H., & Muzayyin. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

As’ad, A. (2007). Terjemah ta’limul muta’allim; bimbingan bagi penuntut ilmu pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.

Basrah, R. S. (2018, Februari 7). Gerakan Maghrib Mengaji, Upaya Membangun Generasi Qur'ani. Tersedia; https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/02/07/p3ruz5352-gerakan-magrib-mengaji-upaya-membangun-generasi-qurani, diakses tanggal 26 April 2020 pkl 14.30

Effendi, D., Syafrin, N., & Syafri, U. A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Tahfidz Al-Quran. Seminar Nasional Pendidikan, (pp. 39-46). Bogor.

Fitri, A.Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, R. (2014). Pendidikan Karakter peserta didik melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan, IV(2), 1-7.

Huriah. (2019). Kamad: Gerakan Magrib Mengaji membangun Generasi Qur’ani. Tersedia: https://kalsel.kemenag.go.id/berita/530297/Kamad-Gerakan-Maghrib-Mengaji-Membangun-Generasi-Qurani, diakses tanggal 26 April 2020 pkl 14.53.

Kemendiknas. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Kubiszyn, T., & Borich, G. (2003). Educational Testing and Measurement: Classroom Application and Practice. Hoboken NJ, USA: John Wiley & Sons.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Narimo, S., Maryadi, M., Fatoni, A., Anif, S., Sumardjoko, B., & Adhantoro, M. S. (2018, November). Pancasila and Citizens Education (PKn) Learning Based on Local Culture in The Establishment of Student Characters. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 255-260).

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment of Students (6th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Oosterhof, A. (2003). Classroom Applications of Educational Measurement (3rd ed.). New York: Maxwell Macmillan International.

Rauf, A. (2004). Kiat Sukses menjadi Hafidz Al-Quran Dai'yah. Bandung: Syaamil Cipta Media.

Sa'dulloh. (2012). Sembilan Cara Cepat Menghafal Al-Quran. Depok: Gema Insani.

Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(2), Juli-Desember.

Yuanita, & Romadon. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Siswa SDIT Al Bina Pangkalpinang. JPSD, 5(1), 1-6.

Zulfitria. (2017). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 124-134.

Downloads

Submitted

2025-06-28

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles