Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11349Keywords:
media tanam, peduli lingkungan, penghijauanAbstract
Program penghijauan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan adalah kegiatan yang dilaksanakan di MIM Derasan Sempu, Kabupaten Boyolali. Ada dua alasan yang mendasari pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut: (1) lingkungan sekolah yang gersang, dan (2) kurangnya kesadaran siswa tentang lingkungan sekolah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan melalui program penghijauan dan untuk memperkenalkan jenis media tanam kepada siswa. Dua jenis media tanam digunakan dalam program penghijauan ini, yaitu tanah dan hidrogel. Metode dalam kegiatan ini berupa analisis situasi, identifikasi masalah, menentukan tujuan kerja, rencana pemecahan masalah, pendekatan sosial, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan adalah siswa lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari kegiatan mereka melakukan penyiraman tanaman setiap pagi yang dilakukan sesuai dengan jadwal piket. Siswa juga dapat bertanggung jawab untuk memelihara dan merawat tanaman.Downloads
References
Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2019). "Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Sikap Peduli Anak akan Kelestarian Lingkungan." Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(2), 86–106. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281
Agusta, H. A., & Subrata, H. (2016). “Wisata Sampah sebagai Strategi Penanaman Karakter Cinta Lingkungan pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas IV SDN Kresek IV Madiun.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 131–140. http://mahasiswa.unesa.ac.id
Barat, J., Solikhah, N., Mustaram, A. L., & Wulanningrum, S. D. (2018). "Area Hijau Edukatif di SD-SMK Perti, Tanjung Gedong, Grogol, Jakarta Barat." Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 248–255. https://journal.untar.ac.id
Gunawan, H., & Guslinda. (2019). "Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa SD Negeri 184 Pekanbaru." Jurnal PGSD, 8(2), 139–147.
Hamidah, R., Sari, D. M., Mayasari, D., & Halim, N. (2017). “Penanaman Toga sebagai Wujud Cinta Lingkungan.” ABADIMAS ADI BUANA, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.36456/abadimas.v1.i2
Idrus, A., & Novia, Y. (2018). "Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar." Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757
Indrawini, T., Aminudin, A., & Widiarti, U. (2017). “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Subtema Ayo Cintai Lingkungan untuk Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1489–1497. http://journal.um.ac.id/index.php/jplpp
Mardiana, D. (2017). "Internalisasi Nilai Etika Lingkungan di Sekolah Dasar." Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 1–17. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5622
Mardiani, W. (2017). "Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan di SDN 12 Pekanbaru." Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 269–297. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3605
Mulyana, R. (2009). "Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan." Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(2), 175–180.
Muslicha, A. (2015). "Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta)." Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015
Ninsih, T. R., dkk. (2018). "Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Mahira Bebas Sampah di SD Alam Mahira Kota Bengkulu." Jurnal PGSD, 1(1), 73–82. http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/342
Ramawangsa, P. A., Prihatiningrum, A., & Mase, L. Z. (2020). "Pemanfaatan Bahan Ramah Lingkungan untuk Desain Penghijauan Vertikal sebagai Upaya Menciptakan Kenyamanan Termal." Journal of Character Education Society, 3(1), 145–152.
Setiawan, A., & Qur’ani, H. B. (2017). “Nilai Karakter Cinta Lingkungan Melalui Karakterisasi Tokoh Pada Novel Dari Rahim Ombak Karya Tison Sahabuddin Bungin.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/
Sholihah, H., & Nadzifah, L. (2018). "Aplikasi Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Anak Tingkat Sekolah Dasar dalam Membentuk Kepedulian Anak terhadap Lingkungan." Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 7(2), 174–190. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i2.144
Munawaroh, H., & Retyanto, B. D. (2016). “Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Wonosobo.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 13–. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal
Purnomo, B. H., & Sudarmilah, E. (2015). “AR Edugame Ayo Cintai Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 1(1), 35–39. https://doi.org/10.23917/khif.v1i1.1180
Simbolon, B. R. (2017). "Paket Materi Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Perilaku Berwawasan Lingkungan Siswa SD di Jakarta." Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 11(2), 1–20. https://doi.org/10.21009/plpb.112.01
Sumarmi. (2008). "Sekolah Hijau sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual." Jurnal Ilmu Pendidikan, 15, 19–25. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/7/339
Yulianti, R. (2016). “Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Pemahaman Cinta Lingkungan pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(1), 131–140. http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v.1i1






