Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali

Authors

  • Atiqa Sabardila Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anggi Desatria Budiargo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Galih Wiratmoko Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Juan Artha Himawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aprilia Triutami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ayu Intansari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Desti Setiyowati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dizy Hana Tri Cahyani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ratnawati Handayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Suistri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i2.11349

Keywords:

media tanam, peduli lingkungan, penghijauan

Abstract

Program penghijauan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan adalah kegiatan yang dilaksanakan di MIM Derasan Sempu, Kabupaten Boyolali. Ada dua alasan yang mendasari pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut: (1) lingkungan sekolah yang gersang, dan (2) kurangnya kesadaran siswa tentang lingkungan sekolah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan melalui program penghijauan dan untuk memperkenalkan jenis media tanam kepada siswa. Dua jenis media tanam digunakan dalam program penghijauan ini, yaitu tanah dan hidrogel. Metode dalam kegiatan ini berupa analisis situasi, identifikasi masalah, menentukan tujuan kerja, rencana pemecahan masalah, pendekatan sosial, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan adalah siswa lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari kegiatan mereka melakukan penyiraman tanaman setiap pagi yang dilakukan sesuai dengan jadwal piket. Siswa juga dapat bertanggung jawab untuk memelihara dan merawat tanaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2019). "Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Sikap Peduli Anak akan Kelestarian Lingkungan." Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(2), 86–106. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281

Agusta, H. A., & Subrata, H. (2016). “Wisata Sampah sebagai Strategi Penanaman Karakter Cinta Lingkungan pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas IV SDN Kresek IV Madiun.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 131–140. http://mahasiswa.unesa.ac.id

Barat, J., Solikhah, N., Mustaram, A. L., & Wulanningrum, S. D. (2018). "Area Hijau Edukatif di SD-SMK Perti, Tanjung Gedong, Grogol, Jakarta Barat." Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 248–255. https://journal.untar.ac.id

Gunawan, H., & Guslinda. (2019). "Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa SD Negeri 184 Pekanbaru." Jurnal PGSD, 8(2), 139–147.

Hamidah, R., Sari, D. M., Mayasari, D., & Halim, N. (2017). “Penanaman Toga sebagai Wujud Cinta Lingkungan.” ABADIMAS ADI BUANA, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.36456/abadimas.v1.i2

Idrus, A., & Novia, Y. (2018). "Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar." Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757

Indrawini, T., Aminudin, A., & Widiarti, U. (2017). “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Subtema Ayo Cintai Lingkungan untuk Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1489–1497. http://journal.um.ac.id/index.php/jplpp

Mardiana, D. (2017). "Internalisasi Nilai Etika Lingkungan di Sekolah Dasar." Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 1–17. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5622

Mardiani, W. (2017). "Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan di SDN 12 Pekanbaru." Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 269–297. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3605

Mulyana, R. (2009). "Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan." Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(2), 175–180.

Muslicha, A. (2015). "Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta)." Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015

Ninsih, T. R., dkk. (2018). "Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Mahira Bebas Sampah di SD Alam Mahira Kota Bengkulu." Jurnal PGSD, 1(1), 73–82. http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/342

Ramawangsa, P. A., Prihatiningrum, A., & Mase, L. Z. (2020). "Pemanfaatan Bahan Ramah Lingkungan untuk Desain Penghijauan Vertikal sebagai Upaya Menciptakan Kenyamanan Termal." Journal of Character Education Society, 3(1), 145–152.

Setiawan, A., & Qur’ani, H. B. (2017). “Nilai Karakter Cinta Lingkungan Melalui Karakterisasi Tokoh Pada Novel Dari Rahim Ombak Karya Tison Sahabuddin Bungin.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/

Sholihah, H., & Nadzifah, L. (2018). "Aplikasi Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Anak Tingkat Sekolah Dasar dalam Membentuk Kepedulian Anak terhadap Lingkungan." Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 7(2), 174–190. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i2.144

Munawaroh, H., & Retyanto, B. D. (2016). “Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Wonosobo.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 13–. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal

Purnomo, B. H., & Sudarmilah, E. (2015). “AR Edugame Ayo Cintai Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 1(1), 35–39. https://doi.org/10.23917/khif.v1i1.1180

Simbolon, B. R. (2017). "Paket Materi Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Perilaku Berwawasan Lingkungan Siswa SD di Jakarta." Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 11(2), 1–20. https://doi.org/10.21009/plpb.112.01

Sumarmi. (2008). "Sekolah Hijau sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual." Jurnal Ilmu Pendidikan, 15, 19–25. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/7/339

Yulianti, R. (2016). “Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Pemahaman Cinta Lingkungan pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(1), 131–140. http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v.1i1

Downloads

Submitted

2025-06-28

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles