Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar

Authors

  • Ikrama Prasetya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Elmira Tita Ulima Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ira Dwi Jayanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Septia Gendis Pangestu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Riska Anggraeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Arfiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i1.11318

Keywords:

implementasi, bimbingan belajar, minat belajar

Abstract

Bimbingan Belajar sangat berperan penting bagi perkembangan belajar anak, karena tidak hanya apa yang diperolehdi sekolah saja, pembelajaran diluar sekolah mempunyai dampak yang cukup besar dan berpengaruh bagi motivasi belajar siswa. Pendidikan Non Formal diharapkan dapat menambah minat atau ketertarikan siswa dalam belajar. Didalam pendidikan non formal siswa diajak belajar dengan metode yang berbeda dengan pendidikan formal pada umumnya, pendidikan non formal lebih santai dan atraktifdengan mengenalkan suatu hal baru atau apa yang mereka tidak paham dengan hal menarik, berbeda dengan pendidikan formal, belajarlebih menyenangkan dengan bermain game sebagai selingan dan juga sisipan dalam belajar. Siswa tidak hanya dituntut bisa menghafal tetapi juga harus paham dan tertarik, karena dengan tertarik siswa dengan sendirinya mencari tahu apa yang mereka tidak tahu.Untuk itu diterapkannya pembelajaran dengan metode belajar dan bermainsehingga dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran agarmenjadi individu yang lebih kreatif dan juga aktif dalam berfikir dan juga memecahkan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal. (2006). “Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Vol. 11 No. 1 April 2006: 34–48. P3M STAIN Purwokerto. doi:10.23917/bkkndik.v1i1.9286 Buletin KKNDik Vol. 1 No. 1 Juli 2019 e-ISSN:2716-0327 34

Ahmadi, Abu. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1992. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, Saiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fry, Ron. 1994. How to Study. Singapore: Published by Business Tool Box.

Hallen. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru.

Mudzakir, Ahmad. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Prayitno. 1994. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Silverman, Robert E. 1969. Psychology. New York: Appleton-Century-Crofts Educational Division Meredith Corporation.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: CV. Rineka Cipta.

Downloads

Submitted

2025-06-26

Published

2019-07-01

Issue

Section

Articles