Penggunaan Pendekatan SAVI (Somatik Auditori Visual Intelektual) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SDN Donoyudan

Authors

  • Sura Ichsanul Yusri Ima Nugrah Aini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Bayu Arditya Firdiansyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Desta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Farditia Dora Tamarani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Vera Septi Sistiasih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v1i1.11317

Keywords:

pendekatan savi, keterampilan proses sains, siswa, sekolah dasar

Abstract

Tidak hanya kecerdasan, sikap mulia dan kekuatan spiritual, Pendidikan juga menekankan untuk membentuk keterampilan yang nantinya dapat berguna bagi siswa. Supaya pembelajaran berjalan dengan baik guru harus mampu memahami karakteristik siswanya yang berbeda-beda begitu pula dengan gaya belajar yang dimiliki setiap siswanyasalah satunya dengan penerapan Pendekatan SAVI untuk dapat meningkatkan keterampilan proses siswa dalam belajar terutama pada pembelajaran Sains. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur. Peneliti mengumpulkan data yang bersumber dari buku-buku, jurnal dan skripsi Selanjutnya Peneliti akan membandingkan mencari kesimpulan dari penelitian yangtelah dilakukan apakah Pendekatan SAVI efektif digunakan dalam pembelajaran dan apakan Keterampilan Proses Sains dapat ditingkatkan melalui penggunaan Pendekatan SAVI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari, Wiwin. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta (online). (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/16226/14130) diakses tanggal 24 Juni 2016

Ghufron, Nur & Risnawita, Rini. 2012. Gaya Belajar Kajian teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Progam Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Nurhayati. 2014. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Savi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII Smp Negeri 3 Godean. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.uny.ac.id/23884/9/9.%20RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf) diakses tanggal 24 Juni 2016

Rusmiyati, Yulianto. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Problem Based Instruction. Halaman 75-80. (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1013)

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kesembilan. Buletin KKNDik, Vol. 1 No. 1 Juli 2019 doi: 10.23917/bkkndik.v1i1.9285 e-ISSN: 2716-0327 29. Jakarta: PT Indeks.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Setyawan, Wahyu Aris & Susatyo, Yoyok. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) halaman 287–299 (online). (http://eprints.uny.ac.id/21910/1/27%20Wahyu%20Aris%20Setyawan%20%26%20Yoyok%20Susatyo.pdf) diakses tanggal 24 Juni 2016.

Downloads

Submitted

2025-06-26

Published

2019-07-01

Issue

Section

Articles