Implementasi Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di SDN Sukoharjo

Authors

  • Marwa Faridatul Afifah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v6i2.8310

Keywords:

Berpikir kritis, pengembangan, pembelajaran, teknologi

Abstract

Pendidikan di era digital semakin menghadapi tantangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi dampak implementasi teknologi pendidikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SDN Sukoharjo dan 2) Menganalisis persepsi peserta didik dan guru SDN Sukoharjo terhadap penggunaan teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pengembangan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskritif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) implementasi teknologi pendidikan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SDN Sukoharjo. 2) sebagian besar peserta didik dan guru SDN Sukoharjo memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-01-14

Published

2024-10-08