Efektivitas Media Kupu-Kupu Pengenalan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23917/bppp.v6i1.8304Keywords:
Baca Tulis, Siswa, Media PembelajaranAbstract
Kemampuan baca tulis siswa SDN 02 Karangturi masih rendah. Salah satu faktor penyebanya yakni siswa masih bingung dalam mengenal dan membedakan huruf abjad. Inovasi kupu-kupu pengenalan huruf dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran kupu- kupu pengenalan huruf sebagai upaya mengatasi rendahnya kemampuan baca tulis siswa di SDN 02 Karangturi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melibatkan 14 siswa kelas I SDN 02 Karangturi sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan di SDN 02 Karangturi yang terletak di Dukuh Sengkeran, Karangturi, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tinjauan literatur. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran kupu-kupu pengenalan huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis siswa SDN 02 Karangturi, namun perlu pertimbangan lebih lanjut terkait kelemahan bahan dasarnya. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan alat bantu dalam meningkatkan kemampuan baca tulis siswa SDN 02 Karangturi







