Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard pada Peserta Didik Kelas 2 di SD Negeri 4 Jambon
DOI:
https://doi.org/10.23917/bppp.v5i2.8300Keywords:
Membaca Permulaan, Keterampilan Membaca, Media FlashcardAbstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter dan potensi peserta didik. Tujuan dari penelitian mengenai peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada peserta di kelas 2 adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi efektivitas penggunaan flashcard sebagai alat pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara itu, metode yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian diadakan di SD Negeri 4 Jambon kecamatan Pulokulon. Partisipan dari penelitian ini adalah lima siswa yang memiliki kesulitan membaca. Partisipan lainnya dalam penelitian ini ialah guru kelas 2. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil akhir dalam penggunaan media flashcard dapat membuat siswa senang dalam belajar membaca permulaan, siswa terlihat aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menunjang keberhasilan siswa dalam menguasai keterampilan membaca permulaan







