Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates, Jember pada Materi Pembelajaran Tematik

Authors

  • Almas Halawatal Imani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v5i2.8297

Keywords:

Praktikum, Pemahaman materi, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada apakah penggunaan pembelajaran dengan metode praktikum dapat mempengaruhi dalam peningkatan pemahaman materi tematik dan motivasi belajar pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates. Pendidikan saat ini merupakan salah satu faktor yang harus dipenuhi oleh manusia. Dalam pendidikan tentunya terdapat banyak materi-materi yang harus dipenuhi seorang peserta didik, salah satunya yaitu IPA. Pelajaran IPA terlibat melalui pembelajaran sistematis tentang alam, sains qbukan sekedar pengetahuan fakta, konsep dan prinsip, tetapi juga proses penemuannya. Pada pembelajaran sekarang, siswa tentunya dituntut untuk lebih aktif di dalam kelas dengan pendiidk hanya sebagai fasilitator saja. Namun, untuk mendukung tercapainya hal tersebut, diperlukan berbagai cara dan strategi pembelajaran yang unik serta menarik. Salah satunya yaitu metode praktikum yang sekarang ini sudah dijalankan oleh banyak sekolah. Dengan dijalankannya kegiatan praktikum di SD Muhammadiyah Kaliwates, khususnya di kelas 2, maka diharapkan dapat mengetahui respon siswa terhadap kegiatan praktikum. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap metode praktikum dan pengaruh pembelajaran yang menggunakan metode praktikum dalam peningkatan pemahaman serta motivasi belajar siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-01-13

Published

2023-05-02