Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X

Authors

  • Rossida Fatma Syahrulina Mubarokah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Esti Novia Febianti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v6i2.7342

Keywords:

Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Teks Laporan Hasil Observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pembelajaran materi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan  pendekatan saintifik di SMK Batik 2 Surakarta. Fokus penelitian ini adalah pada kelas X, yang melibatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik diterapkan melalui beberapa langkah, yaitu mengamati, menanya, menalar, mengolah, dan mengomunikasikan. Setiap tahap memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, pendekatan saintifik memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penilaian dilakukan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan melalui tes tertulis, lisan, serta proyek menulis. Implementasi pendekatan saintifik terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik secara kritis dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2024-11-27

Published

2024-10-16