Peningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Melalui Kesenian Tari Pada Siswa kelas XII di SMKN 8 Surakarta

Authors

  • Amanda Eka Rismawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sheviana Kevin Mutiara Sari
  • Salis Nazla Asyifa Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Gallant Karuna Assidik Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v6i1.7127

Keywords:

Peningkatan, Menulis, Teks deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengeksplorasi pengaruh penerapan kesenian tari dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas XII SMKN 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Instrument yang digunakan ini merupakan penulisan teks deskriptif dan penilaian tugas menulis esai yang meliputi struktur teks deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Seni Tari SMKN 8 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi melalui media kesenian tari. Hal ini menunjukkan bahwa kesenian tari dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi, selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan pengamatan dan kreativitas pada siswa. Adapun hasil menunjukkan rata-rata pada siklus I menulis ejaan sebesar 62,0 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, pada siklus I penggunaan aspek kebahasaan sebesar 68,33 dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus II, dan pada siklus I menulis keefektifan kalimat meningkat dari 75,00 menjadi 81,67 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2024-11-09

Published

2024-06-10