Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Materi Teks Argumentasi Kelas 11 di SMK Batik 1 Surakarta

Authors

  • Zahy Riswahyudha Ariyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Gilang Bakti Prakoso Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Gallant Karunia Assidik Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v6i2.6800

Keywords:

Google Sites;, Media Pembelajaran;, Teks Argumentasi;, Website

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Google Sites sebagai media pembelajaran integratif teks argumentasi kelas XI SMK Batik 1 Surakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 3. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan. Hasil penelitian adalah: (1) Desain media pembelajaran teks argumentasi Berbasis Google Sites; (2) Aktivitas pembelajaran teks argumentasi kelas 11 berbasis Google Sites; (3) Efektivitas media Google Sites berdasarkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 93. Kesimpulannya, Google Sites berperan sebagai media pembelajaran yang integratif dan inovatif, memberikan dampak positif terhadap proses dan hasil pembelajaran teks argumentasi di kelas XI TKJ SMK Batik 1 Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gilang Bakti Prakoso, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMS Angkatan 2021.

Gallant Karunia Assidik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMS. 

Dosen dan Peneliti bidang media pembelajaran dan perencanaan pembelajaran. 

SINTA ID : 6106538

SINTA Score Overall: 361

Downloads

Submitted

2024-10-03

Published

2024-10-09