Efektivitas Penggunaan Media ScrapBook pada Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

Authors

  • Impala Agus Pramesti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dita Eka Wardani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ida Aulia Sekarwati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yunus Sulistyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v6i1.6709

Keywords:

Media pembelajaran, Scrapbook

Abstract

Penggunaan media pembelajaran Scrapbook dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi menulis teks laporan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Scrapbook dianggap sebagai alternatif yang efektif untuk melatih keterampilan menulis siswa dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana media Scrapbook dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali bagaimana media Scrapbook mempengaruhi kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scrapbook terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia. Penilaian menunjukkan adanya kemajuan pengetahuan siswa seiring dengan metode yang diterapkan selama proses pembelajaran. Secara keseluruhan, media Scrapbook memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Abstract

The use of Scrapbook learning media in Indonesian language subjects, especially in the material of writing observation report texts at SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, is expected to improve students' creativity and learning outcomes. Scrapbook is considered an effective alternative to train students' writing skills in Indonesian. This study aims to evaluate the extent to which Scrapbook media can improve the writing skills of grade X students at the school. This study uses a descriptive qualitative approach to explore how Scrapbook media affects students' ability to write observation report texts. The results showed that Scrapbook was effective in improving Indonesian writing skills. The assessment showed progress in students' knowledge along with the methods applied during the learning process. Overall, Scrapbook media has a positive impact on students' learning outcomes, as well as improving their writing skills.

 

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2024-09-23

Published

2024-06-03