Efektivitas Penggunaan Media ScrapBook pada Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.23917/bppp.v7i2.14651Keywords:
Efektivitas, Media Pembelajaran, ScrapBook, LHOAbstract
Penggunaan media pembelajaran Scrapbook dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi menulis teks laporan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Scrapbook dianggap sebagai alternatif yang efektif untuk melatih keterampilan menulis siswa dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana media scrapbook dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali bagaimana media scrapbook mempengaruhi kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scrapbook terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia. Penilaian menunjukkan adanya kemajuan pengetahuan siswa seiring dengan metode yang diterapkan selama proses pembelajaran. Secara keseluruhan, media scrapbook memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan menulis mereka.







