Implementasi Metode STAD dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Iklan pada Peserta Didik di MTs Negeri 2 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.23917/bppp.v7i1.14646Keywords:
Metode STAD, Kemampuan Menulis, Teks IklanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pembelajaran teks iklan dengan metode STAD dan menemukan faktor pendukung dan penghambat kemampuan menulis teks iklan siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A 2 di MTs N 2 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang memaparkan suatu analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah implementasi metode STAD dalam peningkatan kemampuan menulis peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran untuk melihat keterlibatan peserta didik, interaksi dalam kelompok, dan kemampuan menulis teks iklan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode STAD mampu meningkatkan kemampuan menulis peserta didik yaitu tidak hanya belajar dari materi yang diajarkan, tetapi juga dari interaksi dan umpan balik yang mereka terima selama bekerja dalam kelompok. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan mendukung pengembangan keterampilan menulis mereka. Kendati demikian, terdapat faktor penunjang penerapan metode STAD seperti peserta didik berperan aktif, mendapatkan dukungan emosional dan motivasi. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat seperti peserta didik seringkali mengantuk, peserta didik kurang memanfaatkan waktu, perbedaan antara peserta didik, dan peserta didik bergantung pada kelompok.







