Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Pada Materi Eksponen Kelas X di SMA

Authors

  • Isnaeni Nuri Qurota’ayun Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nida Sri Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Jumiati Oktaviyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ismiyati Marfuah Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v7i1.14644

Keywords:

Problem Based (PBL), Blended Learning, Eksponen

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis blended learning pada materi eksponen di kelas X SMA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model ini dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis blended learning dapat meningkatkan pemahaman materi eksponen dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model ini, yang dianggap mampu mendukung proses belajar yang lebih fleksibel dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-12-13

Published

2025-07-13