Potensi Ilustrasi dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi Tahun 2023

Authors

  • Agustiningtyas Mahardika Fany Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Citra Ayu Fadhilah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Faiza Isya Az Zahra Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v7i1.14643

Abstract

Ilustrasi merupakan suatu karya visual yang digunakan untuk memperjelas atau menerangkan suatu teks, ide dan cerita yang disajikan. Ilustrasi dapat berupa gambar, lukisan, atau bentuk seni rupa lainnya yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi secara visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Potensi Ilustrasi dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Buku Teks Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh signifikan dalam memicu dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Data diperoleh melalui akses dan telaah sumber-sumber pustaka seperti buku, jurnal pendidikan yang relevan dengan topik penelitian. Analisis data yang dilakukan dengan mengemukakan pendapat secara teoritis dan memberikan suatu gambaran tentang bagaimana dampak serta pengaruh dari ilustrasi yang terdapat dalam buku dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Melalui gambaran ilustrasi yang menarik sehingga memungkinkan siswa untuk bersemangat dalam meningkatkan motivasi belajar.  Penggunaan ilustrasi dapat dengan mudah dalam melangsungkan proses pembelajaran karena tidak hanya bersumber pada materi namun terdapat gambaran ilustrasi yang menjadi pemancing dalam menarik minat membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-12-13

Published

2025-07-13