Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Program Pengenalan Perusahaan ke Management Trainee PT Krakatau Steel

Authors

  • Yudha Dwi Laksono Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
    Indonesia
  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v7i2.13642

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning/PBL) dalam program pengenalan perusahaan bagi Management Trainee di PT Krakatau Steel serta menganalisis dampaknya terhadap pemahaman organisasi dan kompetensi awal peserta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Management Trainee, trainer, dan perwakilan unit kerja, observasi terhadap rangkaian sesi pengenalan perusahaan, serta telaah dokumen modul pelatihan. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam program pengenalan perusahaan memfasilitasi peserta untuk memahami proses bisnis, struktur organisasi, budaya kerja, dan tantangan strategis perusahaan melalui pemecahan kasus nyata yang diangkat dari konteks PT Krakatau Steel. PBL juga mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis, kerja sama tim, dan pemecahan masalah sejak awal masa penugasan. Namun, ditemukan beberapa kendala, antara lain keterbatasan waktu, variasi pengalaman kerja sebelumnya, dan kesiapan fasilitator dalam mengelola diskusi berbasis masalah. Secara keseluruhan, penerapan PBL dinilai efektif untuk memperkaya program pengenalan perusahaan dan direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut dengan penguatan kapasitas fasilitator dan penyempurnaan bank kasus

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-11-04

Published

2025-12-13